Psikologis Anak yang Sehat Dapat Membawa Masa Depan Cerah bagi Bangsa

By Dinas Kominfo Kab. Kediri11 Apr 2023, 15:45:24 WIB Keluarga, Tokoh dan Agama
Psikologis Anak yang Sehat Dapat Membawa Masa Depan Cerah bagi Bangsa

Masih dalam suasana memperingati Bulan Suci Ramadhan 1444H, TP PKK Kabupaten Kedirigelar kegiatan Pondok Ramadhan ke-5 dengan mengusung tema “Psikologis Anak” bertempat di Gedung Bhagawanta Bhari, Selasa (11/04/2023).

Seperti kegiatan pondok ramadhan pada umumnya, acara diawali dengan lantunan ayat suci Al- Qur’an yang dikumandankan oleh ananda Sefian Abdul Putra. Dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh pembicara pada kegiatan kali ini yakni, Ibu Tatik Imadatus Saadati atau akrab disapa Bu Ima.

Dalam sambutannya, Bu Ima menyebutkan bahwa topic yang ia sampaikan berkaitan dengan bagaimana otak dapat mempengaruhi perilaku sang anak. Pada dasarnya anak laki – laki dan perempuan mempunyai pola asuh berbeda yang dapat mempengaruhi pertumbuhan perilaku mereka saat dewasa.

Tidak lupa beliau menjelaskan tentang pentingnya mendidik anak dengan baik sejak dalam kandungan dan mengajak para peserta untuk memberikan dukungan sarana yang sesuai dengan minat dan bakat anak mereka sehingga dapat menciptakan emosi yang stabil.

“Jika anak tumbuh dengan perilaku menyimpang seperti melakukan lgbt dan kekerasan, hal tersebut dapat dikarenakan emosi antara orang tua dan anak kurang melekat. Sebagai orang tua, kita harus banyak mengobrol dengan anak, mengetahui apa yang anak inginkan sehingga dapat menciptkan emosi anak yang stabil.” Terang Bu Ima.

Beliau juga menyampaikan bahwasanya kunci utama dalam mengasuh anak ada pada keyakinan bahwa Allah Swt. akan selalu menolong dan mempermudah segala urusan hambanya ke jalan yang lebih baik.

“Jangan membentak anak, karena hal tersebut dapat membuat anak mengalami down dan kecemasan saat dewasa sehingga mempengaruhi pertumbuhan mereka.” Jelas Bu Ima.

Kegiatan tersebut ditutup dengan sesi tanya jawab dan do’a bersama, TP PKK Kab. Kediri berharap kegiatan tersebut dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dan pengetahuan baru bagi para orang tua di Kabupaten Kediri sehingga dapat menciptakan psikologis anak yang sehat, baik sekarang maupun di masa depan.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox