Pecahkan Rekor Muri, Mas Dhito Berharap Tingkatkan Konsumsi Ikan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri25 Okt 2023, 17:43:01 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Pecahkan Rekor Muri, Mas Dhito Berharap Tingkatkan Konsumsi Ikan

Kabupaten Kediri kembali mencatat sejarah dengan masuk Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan sajian sate lele terbanyak yang berjumlah mencapai 25.323 tusuk. Pemecahan Rekor tersebut disambut dengan antusias warga yang berbondong-bondong memadati lapangan Tulungrejo Kecamatan Pare, Rabu (25/10/2023).

Untuk menyiapkan acara Rekor MURI ini, para pembudidaya lele se-Kediri Raya bekerjasama. Mereka gotong royong memenuhi kebutuhan lele yang mencapai 1,5 ton jumlahnya.

Lele yang digunakan pun tak main-main, yakni harus ikan lele dengan berat minimal 1 kilogram supaya didapatkan daging yang besar.

"Lelenya harus yang besar. Beratnya di atas 1 kilogram per ekor. Ini kami gotong royong bersama pembudidaya di seluruh Kediri Raya," kata Muhammad Yusron Presiden Republik Lele Kediri.

Dijelaskan oleh Yusron, persiapan pun membutuhkan waktu yang tak singkat. Dibutuhkan setidaknya 1,5 bulan untuk mengumpulkan lele dari para pembudidaya dan menyusun skema saat pelaksanaan pemecahan Rekor MURI.

"Tapi proses bersih-bersih lele dan persiapan untuk bakar dari tanggal 24 kemarin. Hari ini tinggal bakarnya. Pukul 04.00 WIB tadi sudah mulai penataan dan dibakar serentak sebanyak 25.323 tusuk. Ada tim dari MURI yang memantau proses dan melakukan perhitungan-perhitungan," jelas Yusron.

Setelah dibakar, lanjut Yusron, sate lele diletakkan dalam wadah box yang masing-masing berisi sepuluh tusuk. Sate yang sudah dikemas ini, kemudian dibagikan pada warga sekitar maupun masyarakat yang ikut menonton selama kegiatan.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang hadir langsung dalam pemecahan Rekor MURI berharap, kegiatan ini bisa menaikkan tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan, terutama lele.

Sebab, lele diketahui memiliki kandungan gizi tinggi dan sangat bermanfaat untuk pencegahan stunting.

"Mungkin dulu lele dianggap kurang steril karena makanannya. Padahal pembudidaya lele ini memberikan makanan khusus untuk menghasilkan kualitas lele yang baik. Selain tinggi nutrisi, lele juga bisa mencegah stunting," ungkap bupati yang akrab disapa Mas Dhito tersebut.

Lewat acara ini ia juga ingin menunjukkan bahwa lele bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Sehingga bagi yang kurang menyukai lele dengan cara masak biasa seperti digoreng, bisa mencoba variasi lain.

"Semoga acara ini bisa mendatangkan banyak manfaat. Memberikan semangat para pembudidaya dan meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan. Sebab lele jadi komoditas terbesar kedua setelah bandeng. Nilai komersilnya juga sangat tinggi," tuturnya.

Sementara itu penyerahan piagam penghargaan dan pengumuman pengesahan Rekor MURI sajian sate lele terbanyak disampaikan oleh perwakilan dari MURI, Sri Widayati.

Piagam penghargaan tak hanya diberikan pada pemerintah daerah namun juga pembudidaya sebagai pihak yang terlibat langsung dalam menyukseskan kegiatan.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox