Olahan Rosella Kaya Khasiat

By Dinas Kominfo Kab. Kediri11 Okt 2022, 20:03:30 WIB UMKM, Koperasi dan Perdagangan
Olahan Rosella Kaya Khasiat

Tanaman Rosella dinilai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi kolesterol tinggi, mencegah penyakit jantung, dan lain sebagainya. Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri terdapat UMKM Bumi Sehat yang terkenal dengan olahan herbal drink. Dikembangkan oleh Hariyanto, Bumi Sehat yang berdiri sejak tahun 2020 mempunyai beberapa produk seperti sirup rosella, minuman rosella, sirup jahe rempah dan jahe rempah instan yang di produksi sendiri secara homemade. Harianto mengaku usahanya memproduksi olahan rosella dan jahe tersebut terinspirasi sejak pandemi.

"Melihat banyak masyarakat yang sakit dan mengonsumsi obat-obatan kimia, ingin membuat masyarakat memulai hidup sehat dengan mengonsumsi herbal," ucapnya

Proses Pembuatan Sirup Rosella terbilang cukup mudah. Pertama dengan mencuci bunga rosella yang telah dikeringkan, kemudian direbus atau biasa disebut dengan teknik maserasi. Selanjutnya bunga ditiriskan dan air nya disaring, setelah itu air direbus kembali bersama gula hingga larut. 

Sebelum sirup dikemas, dilakukan proses sterilisasi selama lebih kurang 5 menit. Botol kemasan yang digunakan juga harus di sterilisasi terlebih dahulu. Stiker untuk kemasan di stempel tanggal pembuatan dan tanggal expirednya. Produk Bumi Sehat bisa didapat dengan harga terjangkau, seperti sirup rosella dan jahe rempah seharga Rp 30.000, minuman rosella seharga Rp 7.000 - 8.000, dan jahe rempah instan seharga Rp 15.000-30.000. 

Awalnya Harianto memperkenalkan produknya ke keluarga, teman, kerabat terdekat menyebarkan brosur, beriklan di majalah maupun koran serta mengikuti event-event pameran. Agar produknya semakin dikenal, Harianto akan menggencarkan promosi ke market place dan media sosial. Ia juga bekerjasama dengan distributor di Provinsi Jatim dan pada tahun 2023, Hariyanto berencana ingin mencoba mengexplore lebih jauh produknya hingga pemasarannya dapat menjangkau seluruh Indonesia. 

Harianto mengklaim produk herbal drink UMKM Bumi Sehat ini tanpa bahan pengawet, semua alami dengan bahan asli tanpa campuran essense yang sehat dikonsumsi jangka pendek maupun panjang untuk berbagai kalangan, baik anak-anak maupun lansia. Harianto juga berpesan untuk para pelaku UMKM jangan sampai patah semangat karena memulai usaha tujuannya bisa sukses.

"Untuk membuat produk harus melalui riset, tidak boleh sembarangan, harus dibutuhkan perjuangan, tekat yang kuat dan punya mimpi," tambahnya

Produk Bumi Sehat ini dapat dipesan secara offline di Gerai atau Galeri UMKM Kabupaten Kediri atau online melalui Instagram @bs_bumisehat dan Facebook Bumi Sehat.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox