DWP dan Korpri Kab. Kediri Gelar Donor Darah, Bangun Jiwa Sosial

By Dinas Kominfo Kab. Kediri16 Nov 2022, 13:02:57 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
DWP dan Korpri Kab. Kediri Gelar Donor Darah, Bangun Jiwa Sosial

Aksi donor darah digelar dalam rangka HUT Korpri ke-51 dan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-23 tahun 2022 yang bertempat di Pendopo Kabupaten Kediri pada Rabu, (16/11/22).

Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kediri dan Korpri yang bekerjasama dengan PMI Kabupaten Kediri. Selain anggota DWP Kab. Kediri, donor darah juga diikuti oleh para ASN dan pelajar dari beberapa sekolah.

Dwi Rohningwulan, selaku Sekretaris Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kediri menjelaskan selama pandemi Covid-19 tidak dilaksanakan donor darah dan sekarang telah mulai dilaksanakan kembali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Target yang diharapkan adalah sekitar 150 kantong darah, harapannya kita dapat membantu sesama, karena setetes darah akan sangat bermanfaat dan bisa menolong masyarakat yang membutuhkan karena itu sifatnya sosial," ucap Dwi Rohningwulan.

dr. Arin Istiani, selaku Kepala Unit Transfusi Darah Kabupaten Kediri menyatakan kegiatan donor darah ini sangat membantu PMI dalam persediaan stok darah.

"Alhamdulillah kita sangat dibantu karena stok darah terus berkejaran sampai menipis karena memang kebutuhan di rumah sakit meningkat," jelas Arin Istiani.

dr. Arin Istiani juga menjelaskan donor darah memiliki manfaat untuk memeriksa rutinitas kesehatan seperti tensi, HB dan sebelumnya terdapat uji screening penyakit penyerta.

"Yang paling banyak permintaannya adalah golongan darah O, sedangkan stok yang paling banyak sementara masih golongan darah AB karena permintaannya sedikit," tambah Arin Istiani.

dr. Arin Istiani berharap kepada masyarakat agar semakin sadar bahwa donor darah sangat membantu untuk sesama, dan Dharma Wanita akan mengadakan kegiatan ini setiap 3 bulan sekali untuk mengamankan stok di PMI Kabupaten Kediri.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox