Cegah dan Tangani Stunting dengan GEBER

By Dinas Kominfo Kab. Kediri25 Okt 2022, 18:12:51 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Cegah dan Tangani Stunting dengan GEBER

Dalam rangka pencegahan dan penanganan Stunting, Dinas Sosial Kabupaten Kediri menggelar kegiatan GEBER (Gerakan Bersih Diri Dan Bersih Lingkungan) dengan sasaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM-PKH) yang dilaksanakan di Sentra Ekonomi Desa Peh Kulon Kecamatan Papar pada Selasa (25/10/2022). 

Acara dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo dan dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Sosial Dyah Saktiana, Kepala Dinas Kominfo, Camat Papar, Camat Purwoasri, Camat Plemahan, jajaran pendamping PKH serta KPM-PKH wilayah Papar, Purwoasri dan Plemahan. 

Pj. Sekretaris Daerah Adi Suwignyo menerangkan bahwa kasus stunting sangat rentan pada masyarakat yang mengalami masalah sosial terutama kemiskinan. Oleh karena itu gerakan pencegahan stunting akan terus di dorong agar anak-anak cerdas dan dapat bersaing untuk menghadapi era kedepan.

Stunting merupakan salah satu ancaman dalam tumbuh kembang anak di Indonesia. Hal tersebut mempengaruhi prestasi dan daya pikir kemampuan di sekolah. Acara ini dilaksanakan agar masyarakat mengerti penyebab maupun pencegahannya. Selain Program Centing, acara kali ini GEBER juga di perkenalkan agar masyarakat lebih peduli dengan kebersihan diri sendiri dan lingkungan di sekitarnya.  

"Sesuai dengan misi Bupati Kediri, pengembangan sosial, budaya dan olahraga dan kreatifitas pemuda, PKH sudah berkreasi mengembangkan dan melakukan gerakan bersama, tidak hanya mengandalkan pemerintah tetepi bersama masyarakat mendongkrak menjadi kediri yang berbudaya," ujar Sri Ilham Wahyu Subekti selaku Kepala Dinas Kominfo.

Selain itu juga diberikan penghargaan kepada KPM PKH yang dengan kesadaran pribadi mengundurkan diri karena sudah merasa mampu. Salah satu penerima bantuan PKH yang mengundurkan diri tersebut menyatakan agar bantuan tersebut dapat bergantian serta lebih tepat sasaran dan tidak sepatutnya mendapatkan bantuan terus menerus.

"Sebelumnya saya sudah pernah mendapatkan bantuan PKH dalam beberapa tahun kemudian saya kumpulkan untuk menjadi modal usaha. Alhamdulillah sekarang usaha potong rambut sudah berkembang dan bisa menambah usaha angkringan, saya sudah merasa cukup dan mampu," ucap Inaryo Hadi dari Dusun Kemiri, Desa Pehkulon Kecamatan Papar.

Kegiatan ini di sambut baik oleh masyarakat dengan banyaknya warga yang hadir. Selain itu, untuk memeriahkan acara   diadakan beberapa lomba seperti fashion show, lomba gosok gigi dan lomba daur ulang. Pada perlombaan daur ulang, warga dibagi dalam beberapa kelompok dan kegiatannya di dokumentasikan melalui foto dan video.

Di lokasi tersebut juga terdapat produk-produk unggulan UMKM Kabupaten Kediri yang dikenalkan  kepada pengunjung yang hadir. Masyarakat juga dapat memberi masukan dan saran pada pelaku UMKM berkaitan dengan kualitas produk yang di pasarkan.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox