Tito Alba Sahabat Petani

By Dinas Kominfo Kab. Kediri03 Okt 2019, 00:00:52 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Tito Alba Sahabat Petani

Tahukah Anda Tito Alba?Ini bukan nama tokoh ataupun karakter dalam sebuah cerita,melainkan jenis burung hantu. Jenis ini merupakan musuh alami dari hama tikus yang merusak tanaman petani.

burung 1

Beberapa waktu yang lalu 3 pasang burung hantu tito alba diserahkan kepada petani di Desa Paron Kec. Ngasem yang kemudian dimasukkan ke dalam pagupon sebagai rumah burung hantu tersebut.10 hari kemudianpagupon bisa dibuka dan burung hantu keluar agar bisa mengendalikan hama tikus di desa tersebut,” ungkap SahatTuaPanjaita, KasiePerlindungan danPengamanan Tanaman Pangan Dinas Pertaniandan Perkebunan.

Ia berharapmasyarakat ikut menjaga agar burung ini tetap pada fungsinya dengan tidakmengganggu keberadaannya,apalagi sampai ditembak

Demi menjaga kelestarian burung hantu tito alba tersebut, Dipertabunmemberikan sosialisasi kepada para petani di Desa Paron Kecamatan Ngasem. Acarapada Kamis (3/10)tersebut bertempat di gubuk Gapoktan Tani Makmur Desa Paron dengan dihadiri oleh para petani.

Para PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) Kecamatan Ngasem yang ikut dalam sosialisasi tersebut akan terus memberikan penyuluhan dan wawasan kepada para petani untuk terus bekerja bersama agar hasil panen meningkat.

burung 2

Yayuk Anisa, salah satuPPL Ngasemberharap semoga dengan kerjasama yang baik dari semua pihak hama-hama yang sering meyerang tanamana bisa teratasi.

Dengan bantuan burung hantu tito alba dari Dinas Pertanian danPerkebunan,hama tikus yang menyerang dapat dikendalikan. Semoga masyararakat dan para petani bisa menjaga kelestarian burung tersebut,” kata Yayuk. (Kominfo/lk,dng,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox