Mbak Cicha Dorong UMKM Go Internasional

By Dinas Kominfo Kab. Kediri30 Jan 2023, 14:01:26 WIB Keluarga, Tokoh dan Agama
Mbak Cicha Dorong UMKM Go Internasional

Dibawah Komando Mbak Cicha, TP PKK Kabupaten Kediri kini semakin solid terjun langsung ditengah-tengah masyarakat. Melalui Pokja 3 hari ini melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) kepada para pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Tarokan, (30/1/2023).

Terdapat tiga lokasi yang hari ini dikunjungi, yang pertama Pelaku UMKM produksi keripik usus "Brimbi Kriuk", UMKM produksi pentol bakso frozen "Putri Yudi" dan UMKM Bakpia "Enggal" Dusun Bukaan Desa Tarokan 

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Pokja 3 memberikan sosialisasi dan motivasi kepada para pelaku UMKM agar dapat segera mengurus perizinan baik itu PIRT, NIB maupun sertifikat halal yang bertujuan agar produk-produk dapat lebih berkembang, sehingga jangkauan pemasarannya juga bisa lebih jauh lagi.

Dijelaskan oleh Ummi Kulsum, bahwa hasil monev Pokja 3 TP PKK Kabupaten Kediri hari ini  ada dua pelaku UMKM yang belum melengkapi perijinan.

"Diantaranya terdapat ijin merk yang memiliki jangka waktu sampai 10 tahun, sedangkan PIRT dan NIB kami dari TP PKK sudah membantu mengurusnya dan sudah dikantongi ijinnya," terangnya. 

"Kemudian, juga label sertifikat halal kedua UMKM yang sudah kita kunjungi juga belum mengurusnya. Untuk mendapatkan label halal pelaku UMKM harus mengambil bahan baku dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang juga sudah mengantongi label halal," jelasnya. 

"Selanjutnya, terkait kemasan, juga harus diperhatikan karena kemasan merupakan salah satu kunci agar produk tersebut mampu diterima dipasaran dan harus sesuai dengan anjuran dan arahan dari BPOM," tambah Ummi Kulsum. 

"Setelah itu tugas kami dari TP PKK Kabupaten Kediri menindaklanjuti kepada OPD terkait yang membidanginya," jelasnya. 

Disampaikan oleh Ummi Kulsum, Ketua TP PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito yang akrab dipanggil mbak Cicha, selalu berpesan agar seluruh anggota TP PKK utamanya Pokja 3 untuk membina UMKM agar meningkatkan kualitas produksinya, pengembangan usahanya melalui promosi produk, pengemasannya yang bagus sesuai standart.

"Apalagi Kabupaten Kediri akan memiliki bandara, maka dari itu kita harus mampu melahirkan produk-produk UMKM unggul bahkan bisa Go Internasional," pungkasnya.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus