Jadi Penggerak Koperasi Terbaik, Mas Dhito Berpesan Banyak Hal Perlu Dipelajari

By Dinas Kominfo Kab. Kediri21 Jul 2022, 22:05:45 WIB UMKM, Koperasi dan Perdagangan
Jadi Penggerak Koperasi Terbaik, Mas Dhito Berpesan Banyak Hal Perlu Dipelajari

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mendapatkan penghargaan sebagai kepala daerah penggerak koperasi terbaik dalam peringatan hari koperasi ke-75  Provinsi Jawa Timur di Convention Hall Simpang Lima Gumul, Kamis (21/7/2022).

Penghargaan yang diterima, merupakan bentuk apresiasi atas kepedulian bupati muda itu terhadap koperasi. Mas Dhito, begitu sapaan akrabnya terus mendorong koperasi dan pelaku UMKM di Kabupaten Kediri supaya lebih berkembang dan berdaya saing.

"Pembinaan koperasi di Kabupaten Kediri sejauh ini sudah sangat baik," kata Mas Dhito. 

Bentuk pemberdayaan koperasi yang dilakukan pemerintahan Mas Dhito diantaranya dengan mendirikan klinik koperasi dan UMKM. Adanya klinik itu, ketika koperasi dan UMKM mengalami permasalahan, pemerintah membantu menyelesaikan melalui serangkaian pembinaan dan pendampingan terpadu. 

Pendampingan yang dilakukan mulai dari pemberian layanan konsultasi, informasi bisnis, bantuan advokasi bisnis, layanan short course, akses pembiayaan, akses pemasaran, fasilitasi perijinan, dan pelatihan. Klinik yang didirikan didampingi oleh konsultan manajemen Koperasi dan UMKM.

Disinggung mengenai perkembangan koperasi di Kabupaten Kediri, Mas Dhito pun tak menampik ada beberapa yang masih perlu dibenahi. Untuk itu, pihaknya mengakui semenjak awal mendukung dijadikannya Kabupaten Kediri sebagai tuan rumah peringatan hari Koperasi Ke-75 Provinsi Jawa Timur. 

"Karena banyak hal yang harus dipelajari untuk Kabupaten kediri bagaimana cara menata koperasi dengan baik dan benar," tuturnya.

Mas Dhito berharap koperasi dapat terus maju dan mampu mengikuti perkembangan zaman. Hal itu mengingat usianya yang sudah 75 tahun, koperasi dinilai sudah menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus