Pemkab Kediri Gelar Olahan Pangan Berbahan Dasar Ikan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri08 Mar 2022, 16:30:37 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Pemkab Kediri Gelar Olahan Pangan Berbahan Dasar Ikan

Dalam rangka meningkatkan gerakan sehat dengan gemar makan ikan kepada masyarakat, anggota Komisi IV DPR RI FPKB, Anggia Erma Rini, bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dirjen PDSPKP mengadakan kegiatan sosialisasi Gemarikan di Balai Desa Kwadungan Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri (8/3/2022).

Kegiatan ini bertujuan sebagai media penurunan angka stunting dan gizi buruk yang ada pada masyarakat di daerah, serta kegiatan ini juga membagikan dan mendemonstrasikan solusi pengolahan ikan bagi warga di daerah, bahwa banyak ragam jenis olahan ikan.

Wakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa menyampaikan sambutan dari Bupati kediri,Mas Dhito, yang sangat menyambut baik program Gemarikan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dilaksanakan di Kabupaten Kediri tersebut. Bahkan secara pribadi, Wabup Kediri juga berharap perhatian Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada para petani ikan di Kabupaten Kediri.

“Saya sendiri berharap acara ini menjadi suatu solusi yang nyata bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Kediri.” imbuh Wakil Bupati sesaat setelah memberikan sambutan.

Ketua Forikan Kabupaten Kediri yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri, Ibu Eriana Annisa Hanindhito, turut hadir dalam acara tersebut dan didampingi juga Kabid P3KP Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur.

Dirjen PSDPKP KKP Artati Widiarti menyampaikan, “Pemerintah selalu mendukung bagaimana masyarakat di Indonesia mendapatkan suplai kebutuhan makanan bergizi yang cukup dengan mengutamakan sumber protein yang ada di sekitar. Yang mana untuk Kediri potensi ikan tawar sangat besar dimana seharusnya masyarakat lebih mampu mengedepankan konsumsi ikan lokal yang ada di sekitarnya, yaitu dengan adanya olahan Lele.”

Ikan sebagai komoditas pangan yang sangat mudah didapatkan di sekitar atau bahkan di pasar tradisional, seharusnya menjadikan ikan sebagai komoditi protein.

Kampanye Gemarikan harus terus dilaksanakan agar masyarakat semakin tahu tentang manfaat ikan bagi kesehatan tubuh dengan berbagai kandungan protein yang ada di dalamnya.

Kampanye Safari Gemarikan ini dihadiri oleh warga Kabupaten Kediri dari seluruh kecamatan. Turut juga dibagikan 500 paket olahan ikan kepada peserta yang hadir. Paket olahan tersebut terdiri dari makanan ikan yang siap saji, seperti abon lele, nugget lele, pentol ikan, kripik lele, dan lainnya.

Dilokasi acara juga terdapat mini bazar expo umkm yang menyajikan olahan ikan tanpa digoreng sebagai solusi antisipasi meminimalisir penggunaan minyak goreng.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus