Desa Tertek Masuk 5 Besar Nominator PHBS dan LBS Tingkat Provinsi

By Dinas Kominfo Kab. Kediri10 Mar 2022, 18:20:31 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Desa Tertek Masuk 5 Besar Nominator PHBS dan LBS Tingkat Provinsi

Desa Tertek Kecamatan Pare, merupakan salah satu desa di Kabupaten Kediri yang masyarakatnya disiplin dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diimbangi dengan Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).

Berkat kedisiplinan tersebut Desa Tertek menjadi yang terbaik dan berhak mewakili Kabupaten Kediri masuk dalam Nominator Pelaksana Terbaik PKK Sehat Lestari Berencana Tingkat Provinsi Jawa Timur dalam Kategori PHBS dan LBS.

Bertempat di Balai Desa Tertek Kecamatan Pare, hari ini (10/3/2022) dilaksanakan persentasi secara zoom meeting yang dihadiri oleh Plt. Kepala DP2KBP3A dr. Nurwulan Andadari, Ketua TP PKK Kecamatan Pare serta TP PKK Desa Tertek.

Dotik Sikismi, Ahli Madya Kebidanan sekaligus Ketua Pokja 4 TP PKK Desa Tertek menyampaikan paparan kepada dewan juri terkait PHBS dan LBS didesanya. Dengan detail Bu Bidan panggilan akrabnya menyampaikan bahwa PHBS dan LBS Desa Tertek telah menerapkan indikator yang menjadi penilaian dewan juri.

"Terdapat 10 indikator yaitu pertolongan pasien oleh tenaga kesehatan, ASI eksklusif, balita datang ke posyandu setiap bulan, cuci tangan pakai sabun, menggunakan jamban sehat, mengakses air bersih, makan buah dan sayur setiap hari, aktivitas fisik 30 menit setiap hari dan yang terakhir tidak merokok didalam rumah", paparnya

Hal ini semua terkait perilaku masyarakatnya yang dinilai selama 1 tahun di perode tahun 2021, sementara penilaian LBS meliputi kebersihan lingkungannya sendiri dan pengelolaan sampah.

"Sehingga bagaimana masyarakat di lingkungan rumah tangga mengelola sampahnya sampai dengan di bank sampah. Alhamdulillah kami bisa masuk 5 besar, mohon do'anya Kab. Kediri bisa masuk 3 besar berikutnya", ungkapnya.

"Demi mendukung agar program PHBS dan LBS ini berjalan dengan baik, kami terus berupaya memberikan sosialisasi kepada masyakat dengan cara menggerakkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat karena kesehatan adalah tanggung jawab pribadi masing-masing", terangnya

"Banyak sekali penyakit disebabkan oleh lingkungan, contohnya DBD yang mewajibkan lingkungan rumah dan sekitarnya harus bersih dari sarang nyamuk", jelas Bu Dotik

"Selain itu, PHBS dan LBS juga sangat penting saat pandemi covid 19 seperti sekarang ini, kami juga terus mengedukasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dengan 5 M masyarakat sadar untuk melakukan vaksinasi dan ber-PHBS", pungkasnya




Tinggalkan komentar Anda via Disqus