DPMP Gelar Lomba TTG tingkat Kabupaten

By Dinas Kominfo Kab. Kediri08 Des 2021, 16:00:36 WIB Industri dan Teknologi
DPMP Gelar Lomba TTG tingkat Kabupaten

Pemerintah Kab. Kediri melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) melaksanakan lomba TTG (Teknologi Tepat Guna). Acara ini dilaksanakan 3 hari yakni mulai tanggal 8 - 10 Desember 2021. TTG sendiri adalah Teknologi Tepat Guna, yaitu lomba inovasi yang diadakan DPMPD guna mendapatkan alat yang nantinya dapat digunakan oleh masyarakat umum dengan biaya produksi yang minim.

Kalau bisanya lomba ini di tahun sebelumnya diselenggarakan di gedung DPMP, namun berbeda dengan tahun ini. Tahun ini, tim dari DPMPD akan datang secara langsung menyaksikan presentasi peserta tentang kegunaan alat yang sudah dibuat oleh peserta. Total untuk peserta lomba TTG tahun ini ada sekitar 37 peserta.

Untuk penilaian 37 peserta itu, peserta mengirimkan video berupa cara kerja alat yang mereka buat. Nantinya juri akan menilai dari video yang sudah mereka buat. Dari 37 peserta itu, tersaring 6 besar yang nantinya akan mempresentasikan kegunaan alat yang sudah mereka buat. Penilaian sendiri terdiri dari materi yang dibawakan, presentasi para peserta dan yang pasti kegunaan alat itu sendiri.

Hesti Istiqlalilyah selaku juri pada lomba TTG ini menjelaskan bahwa dalam lomba ini terdapat beberapa penilaian dari dewan juri meliputi inovasi, manfaat dan kreasi alat tersebut.
 "Kami memiliki beberapa kriteria dalam penilaiain meliputi inovasi, manfaat dan orisinilitas atau kreasi mereka, sehingga kami harap dari lomba TTG ini produk yang dihasilkan itu tidak hanya sebatas produk yang mungkin bisa digunakan sendiri melainkan bisa membawa dampak ke masyarakat," jelasnya.

Ditambahkan oleh Suharminingsih selaku Kabid Pemberdayaan Sosial Budaya, Sumber Daya dan Teknologi Tepat Guna menjelaskan lomba TTG ini dapat bermanfaat bagi warga Kab. Kediri.

"Kami dari Pemerintah Kab. Kediri sangat mengapresiasi warga Kab. Kediri dan diharapkan mereka lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan alat - alat Teknologi Tepat Guna yang bisa bermanfaat bagi masyarakat Kediri khususnya," tambahnya.

Nantinya, para juara 1 sampai 3 akan berkesempatan untuk mengikuti lomba TTG di tingkat provinsi.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus