Dinas PUPR Bangun Saluran Drainase

By Dinas Kominfo Kab. Kediri19 Agu 2021, 15:00:10 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Dinas PUPR Bangun Saluran Drainase

Salah satu persoalan di saat musim hujan adalah terjadinya genangan air, oleh karenanya guna mengantisipasi terjadinya genangan air di musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Kediri membangun saluran drainase di desa Tugurejo Kacamatan Ngasem. Pembangunan drainase sepanjang 180 meter ini diusulkan melalui musrenbangcam tahun 2020 lalu dan baru di realisasikan tahun ini.

Kades Tugurejo, Agung Witanto mengatakan sebelumnya warga desa mengeluhkan terjadinya genangan saat hujan, atas hal tersebut pihak desa mengusulkan pembangunan drainase pada kegiatan musrenbangcam tahun 2020 lalu. Dan kini sudah tahap pelaksanaan sementara keseluruhan pembangunan dilakukan oleh Dinas PUPR.

"Intinya ini solusi atas keluahan masyarakat, Alhamdulillah, pengajuan untuk pembangunan drainase ini melalui musrenbangcam tahun 2020 di setujui dan dilaksanakan" ujar Agung Witanto, Kades Tugurejo

Agung menambahkan, selain pembangunan di jalur Simpang Lima Gumul – Pesantren, pihak desa juga mengusulkan pembangunan di Jalan Sumatra Jaya. Namun kemungkinan dalam pelaksanaannya akan dilakukan dua kali. Diharapkan usai dilakukan pembangunan drainase ini, persoalan warga atas luapan air bisa teratasi.

Sementara itu, Malik Abdul Azis, Ketua Tim Binamarga Dinas PUPR Kabupaten Kediri mengatakan saluran drainase di Desa Tugurejo yang saat ini sedang dikerjakan, panjangnya adalah 192 meter dengan menggunakan konstruksi pasangan batu, sementara untuk crosing jalan masuk ke rumah warga atau jalur gang sekitar drainase tersebut menggunakan beton bertulang dengan plat beton setebal 10 sampai 12 sentimeter.

Malik menambahkan untuk anggaran yang digunakan untuk pembangunan drainase ini senilai 192 juta rupiah dengan target penyelesaian bulan September dan tujuan pembangunan drainase ini untuk  pematusan air hujan di jalan agar tidak terjadi genangan di permukaan aspal sehingga kondisi aspal jalan menjadi lebih awet.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus