Marwah, Tempat Wisata Sekaligus Pusat Oleh-oleh UMKM Kab. Kediri

By Dinas Kominfo Kab. Kediri23 Des 2020, 15:00:52 WIB UMKM, Koperasi dan Perdagangan
Marwah, Tempat Wisata Sekaligus Pusat Oleh-oleh UMKM Kab. Kediri

Telah hadir pusat oleh-oleh khas Kabupaten Kediri yang bertempat di kawasan wisata Marwah Edukasi Miniatur Tanah Suci Makkah. Tempatnya juga cukup strategisdekat dengan lokasi Candi Tegowangi yaitu di Jl.Gading Dusun Tambak WirangDesa Sidowarek Kecamatan Plemahan.

Saat acara pertemuan rutin bersama para Pelaku UMKM, (23/12), Hj. Sumiarsih selaku pemilik Marwah Edukasi Miniatur Tanah Suci Makkah mengatakan, wisata edukasi Marwah saat ini mulai dikenal oleh masyarakatSebelum pandemi Covid-19 mewabahbanyak sekali wisatawan yang datang dari luar kota seperti Jombang, Mojokerto, Sidoarjo, Gresik, Surabaya dan masih banyak lagi.

Saya rasa sangat pas jika ada pusat oleh-oleh di tempat ini. Biasanya kalau wisatawan pulang pasti yang dicari itu oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah. Oleh karena itu kita bangun kemitraan dengan para pelaku UMKM, untuk mengisi produk-produk olahannya untuk dipasarkan di Marwah. Selain untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan juga ikut serta memasarkan produk-produk UMKM Kabupaten Kediri,” jelasnya.

Acara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan serta dihadiri oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Kediri Rahmadi Yogiantoro dan Gatot Siswanto Ketua Paguyuban Kelud Mandiri.

Dalam sambutannyaRahmadi Yogiantoro mengatakan bahwa pemasaran dan promosi di jaman milenial seperti sekarang ini sangat tepat jika menggunakan media sosial seperti Instagram atau Google Add.

“Dengan menggunakanGoogle Addsekali ketik nama produk Anda di google akan muncul di baris atas. Hal ini harus sama-sama kita pelajari. Saya ucapkan terimkasih kepada Marwah Edukasi yang telah memfasilitasi teman-teman UMKM untuk memasarkan produknya disini,” kata Yogi.

Menurutnya, langkah ini merupakan salah satu solusi dalam hal pemasaran. Permasalahan lain yang kerap ditemui pelaku UMKM juga harus mendapat perhatian, seperti permodalan, kualitas produk, legalitas dan BPOM. Ini sangat penting agar produk bisa diterima masyarakat di seluruh Indonesia.

Sementara itu Ketua Paguyuban Kelud Mandiri Gatot Siswanto merasa senang dan berterima kasih atas  dukungan Marwah Edukasi dalam pemasaran produk-produk UMKM.

Alhamdulillah kita telah diberikan tempat baru untuk memasarkan produk UMKM pada Paguyuban Kelud Mandiri. Hal ini harus bisa menjadikan motivasi bagi kita semua untuk lebih baik lagi dalam mengelola produk-produk UMKM. Jika produk kita bagus dan berkualitas maka wisatawan yang datang pasti akan bangga membawa produk kita sebagai oleh-oleh,” pungkasnya. (Kominfo/yda,lks,tee,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus