Potensi Tanaman Durian Kebonrejo Kepung

By Dinas Kominfo Kab. Kediri20 Feb 2024, 19:00:16 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Potensi Tanaman Durian Kebonrejo Kepung

Desa Kebonrejo Kecamatan Kepung merupakan salah satu desa di Kabupaten Kediri yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Terletak di lereng Gunung Kelud tanah di sekitarnya sangat subur cocok untuk segala jenis tanamanan terutama hortikultura.

Melalui pantauan Dinas Kominfo di lapangan (20/22024), begitu masuk Desa Kebonrejo disuguhi pemandangan indah khas pegunungan. Sejauh mata memandang terdapat berbagai macam tanaman yang tumbuh subur dan berbuah lebat.

Selain terkenal sebagai penghasil cabai terbesar, belum banyak yang tahu ternyata Desa Kebonrejo adalah penghasil buah durian. Di lokasi ini terdapat ribuan pohon durian yang sudah mulai panen sejak bulan Januari kemarin.

"Saat panen raya tiba per hari warga dapat memanen buah durian kurang lebih 10 ribu buah. Karena sebagian besar warga bermatapencaharian sebagai petani, hampir semua disini memiliki tanaman durian," jelas Puji Setiarso, Kepala Dusun Kebonrejo.

Buah durian Kebonrejo memiliki banyak varietas dan setiap buah mempunyai tingkatan rasa yang berbeda-beda. Ada yang manis saja, ada yang manis pahit dan ada pula yang tekstur dagingnya tebal serta lembut saat di mulut.

"Pasti tidak akan rugi jauh-jauh datang kesini, rasanya dijamin bikin ketagihan dan jika buah durian yang sudah dibeli tidak sesuai keinginan dapat ditukar kembali," jelas Puji.

Untuk pemasaran, banyak yang dikirim ke luar daerah seperti Jombang, Malang, Mojokerto namun, sudah ada warga yang menjualnya di rumah agar bisa dinikmati di tempat.

"Dengan begitu Desa Kebonrejo semakin dikenal dan makin banyak pengunjung dari luar daerah yang datang langsung kesini sambil menikmati keasrian alam dan kearifan lokal di desa ini," imbuhnya.

"Harapan kami, dengan potensi yang dimiliki Kebonrejo dapat lebih meningkatkan perekonomian warga sekitar dan lebih motivasi warga untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan hasil pertanian," pungkas Puji.<!--/data/user/0/com.samsung.android.app.notes/files/clipdata/clipdata_bodytext_240222_112323_668.sdocx-->




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox