Pondok Pesantren Al Ihsan Jampes mengadakan acara Haul Syech Ihsan bin Syech Dahlan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri15 Jul 2023, 23:41:15 WIB Keluarga, Tokoh dan Agama
Pondok Pesantren Al Ihsan Jampes mengadakan acara Haul Syech Ihsan bin Syech Dahlan

Pondok Pesantren Al Ihsan Jampes mengadakan acara Haul Syech Ihsan bin Syech Dahlan ke-71 Masehi, pondok pesantren ini terletak di Kampung Jampes, Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (15/7). Pesantren Jampes ini merupakan salah satu pondok pesantren tertua dan cukup terkenal. Pesantren Jampes ini lebih membidangi dalam bidang keilmuan kitab-kitab tradisional dan juga Tahfidz Qur’an.

Pada tahun-tahun sebelumnya, haul yang diperingati pada bulan Dzulhijjah ini hanya diikuti oleh lingkungan pondok saja, tetapi haul juga dapat diikuti oleh masyarakat sekitar dan jamaah di luar pondok.

Pondok Pesantren Al Ihsan Jampes Kediri ini didirikan oleh KH. Muhammad Dahlan (1886). Ketika KH. Muhammad Dahlan wafat (1928) kepengasuhan pondok pesantren ini diteruskan oleh adik kandungnya KH. Kholil selama empat tahun, kemudian kepengasuhan diserahkan kepada KH. Ihsan, putera KH. Muhammad Dahlan (1932).

“Pesantren Al Ihsan ini didirikan oleh KH. Muhammad Dahlan ayah Syech Ihsan pada tahun 1886 dan berkembang pada masa pengasuhan Syech Ihsan” ujar Kyai H. Busro Kharim selaku Pengasuh Pondok Jampes.

Dalam kepemimpinan KH. Ihsan, pondok pesantren Al Ihsan mengalami perkembangan pesat dalam bidang kepemimpinan dan keilmuannya, sehingga jumlah santri yang semula hanya 150 orang menjadi mencapai 1000 orang lebih. Perkembangan ini pula juga diikuti dengan perluasan tanah yang mencapai 150 hektare.

Acara ini digelar selama dua hari dan dibuka dengan pembacaan doa dan tahlil dimakam Syech Ihsan, dilanjutkan dengan pengajian umum oleh Al Habib Achmad Jamal bin Thoha Ba'agil dari Ponpes Anwarut Taufiq, Batu Malang.

Selain itu, KH. Ihsan dikenal memiliki metode pengajaran yang bagus yang beberapa di antaranya tetap dipertahankan hingga kini di Pondok Jampes. Bahkan, metode ini membuat beberapa santrinya mampu mendirikan lembaga pendidikan sendiri.

Peringatan Haul Syech Ihsan ini berdampak pada perekonomian warga, dimana banyaknya pendatang dari luar daerah dan juga banyaknya UMKM di sekitar lingkungan pondok yang diyakini bisa membantu membangkitkan perkenomian desa. Jamaah yang hadir diperkirakan mencapain 20.000 orang terbagi dari jamaah pondok, alumni dari berbagai daerah, dan juga warga sekitar, sehingga keramian di lintas provinsi ini sangat terlihat.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox