Perangi Stunting, Pemkab Kediri Bagikan 150 Paket Olahan Ikan di Kampung Lele

By Dinas Kominfo Kab. Kediri14 Mar 2023, 14:54:52 WIB Stunting
Perangi Stunting, Pemkab Kediri Bagikan 150 Paket Olahan Ikan di Kampung Lele

Dalam rangka kegiatan pemberian paket makanan protein hewani, Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kediri menggelar kegiatan rutin Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) dengan tema 'Makan Ikan Cegah Stunting, Kediri Sehat dan Cerdas'. Dalam acara ini dibagikan 150 paket olahan ikan dan sekaligus sosialisasi tentang stunting kepada ibu hamil bertempat di Kampung Lele Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih (14/03/2023).

Kegiatan yang juga merupakan rangkaian agenda Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1219 ini bertujuan untuk memasyarakatkan makan ikan sebagai upaya untuk menekan angka stunting.

Hadir dalam acara ini Asisten Perekonomian Pembangunan Kabupaten Kediri, Drs.Sujud Winarko,MM., yang menyampaikan sambutan dari Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana. Sujud juga menjelaskan bagaimana pengolahan ikan lele agar anak tidak jenuh saat mengkonsumsi.

“Lele jangan hanya digoreng. Supaya anak tidak jenuh, lele bisa disajikan dengan beberapa varian olahan seperti abon dan sate,” jelas Sujud.

Program Gemarikan tersebut ditujukan untuk mengatasi stunting, dan langkah ini memang membutuhkan gerakan bersama dan kolaborasi lintas sektor. Kegiatan Gemarikan hari ini difokuskan dalam pengolahan ikan lele. Karena lele memiliki gizi yang bagus dan harganya relatif murah.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Nur Hafid S.Pt.,MM., menjelaskan tujuan pembagian paket olahan ikan khusus untuk ibu hamil. Nur Hafid berharap masyarakat lebih memperhatikan gizi anaknya agar terhindar dari stunting.

“Saya berharap ibu-ibu sering makan lele, cari yang murah saja. Anaknya disuruh makan lele paling tidak 1 minggu 3 kali,” ujar Nur Hafid.

Sebelum pembagian paket ikan, Kepala DP2KBP3A, Dr.dr.Nurwulan Andadari, MMRS., berkesempatan memberikan sosialisasi terkait stunting kepada para ibu hamil yang hadir. Para peserta tampak antusias menyimak penjelasan dr. Andadari dalam rangka meningkatkan gizi anak guna mencegah stunting di Kabupaten Kediri.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox