Grebek Sampah, Tanamkan Budaya Hidup Bersih

By Dinas Kominfo Kab. Kediri13 Mar 2023, 13:45:24 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Grebek Sampah, Tanamkan Budaya Hidup Bersih

Hingga detik ini sampah masih menjadi masalah yang sulit untuk dipecahkan. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri, melalui Dinas Lingkungan Hidup yang selalu bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta masyarakat agar tercipta lingkungan yang bersih, sehat dan indah.

Namun masih saja ada tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab yang dengan seenaknya membuang sampah sembarangan, sehingga mencemari lingkungan dan merusak keindahan kota yang sangat kita cintai ini.

Salah satu upaya yang telah dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup adalah Grebek Sampah dan Deklarasi Kawasan Simpang Lima Gumul Bebas Sampah. Kegiatan yang sekaligus merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1219 tersebut fokus pada kawasan wisata SLG, (13/3/2023).

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri, Putut Agung Subekti, bahwa kegiatan Grebek Sampah ini melibatkan OPD terkait, para paguyuban pedagang beserta tukang parkir dan warga sekitar SLG.

"Kami melibatkan instansi pemerintah dan komponen masyarakat tujuannya adalah agar dapat menumbuhkan budaya bersih, budaya malu membuang sampah sembarangan dan membudayakan pola hidup minim sampah," terang Putut.

Sesuai dengan tagline 'Kediri Berbudaya dan tema' yang diusung dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1219 tahun 2023 'yaitu Sahitya Adhikara Budhaya' yang artinya sinergi membangun Kediri berbudaya.

Putut menambahkan, terkait kebersihan di kawasan SLG, Dinas Lingkungan Hidup sudah menyiapkan tempat sampah yang jumlahnya cukup banyak. Setiap titik-titik lokasi keramaian terdapat tempat sampah lebih dari satu buah.

"Sekarang tinggal bagaimana caranya membudayakan hidup bersih, menggugah kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya," tuturnya.

Pada acara 1000 barong kemarin, Mas Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana juga menegaskan bahwa penonton yang hadir harus peduli dengan sampah. Punguti sampahmu sendiri karena itu menjadi tanggung jawabmu sendiri.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox