Pemerintah dan Santri Bersinergi Membangun Kabupaten Kediri

By Dinas Kominfo Kab. Kediri22 Okt 2022, 14:12:06 WIB Keluarga, Tokoh dan Agama
Pemerintah dan Santri Bersinergi Membangun Kabupaten Kediri

Pemerintah Kabupaten Kediri bersama para ulama beserta santri menggelar upacara Hari Santri tahun 2022. Dengan memakai sarung dan peci, ratusan santri dari berbagai pondok pesantren, lembaga pendidikan Islam dan organisasi Islam se Kabupaten Kediri mengikuti upacara Hari Santri di lapangan Canda Bhirawa Pare Kabupaten Kediri,(22/10/2022)

Berlangsung khidmat, peringatan Hari Santri tahun ini mengusung tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan". Bertindak sebagai Inspektur Upacara Penjabat Sekretaris Daerah Ir. Adi Suwignyo, M.Si, hadir pula jajaran Forkompimda serta para ulama, perwakilan Legium Veteran Indonesia.

Sejarah Hari Santri didasari oleh pertimbangan presiden bahwa ulama dan santri pondok pesantren memiliki peran besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Para ulama dan santri juga dianggap punya peran dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mengisi kemerdekaan setelah lepas dari tangan penjajah, maka dari itu setiap tanggal 22 Oktober kita peringati sebagai hari Santri.

Dalam sambutannya Bupati Kediri melalui Pj. Sekretaris Daerah Adi Suwignyo menjelaskan makna dari  tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan", yakni santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah ajaran agama.

"Saya sangat berharap kepada santri dan tokoh alim ulama untuk bisa menjadi garda terdepan dalam mempertahankan keutuhan bangsa dan perekat masyarakat," ucap Suwigyo.

"Seorang santri harus selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya. Bagi santri, agama merupakan mata air yang selalu mengalirkan inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan," jelasnya.

Upacara tersebut ditutup dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan pertunjukan drumband juara lomba hari santri, serta beberapa pertunjukan oleh para santri.

Dikesempatan yang sama secara simbolis, Pj Sekda Kabupaten Kediri juga menyerahkan piagam piagam penghargaan kepada beberapa peraih pemenang lomba pada rangkaian peringatan Hari Santri tahun 2022.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox