Melalui LDP, Kembalikan Keceriaan Anak dan Meraih Cita-citanya Dimasa Depan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri09 Mar 2022, 19:30:16 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Melalui LDP, Kembalikan Keceriaan Anak dan Meraih Cita-citanya Dimasa Depan

Trauma, sedih dan cemas, serta gangguan psikologis merupakan dampak yang ditimbulkan dari Pandemi Covid 19 yang berkepanjangan. Tak sedikit pula masyarakat yang harus meregang nyawa karena terpapar virus mematikan ini.

Untuk menanggulangi dampak yang terus berkepanjangan dan merupakan ide brilian dari Ketua TP PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito yang berkolaborasi dengan Dinas Sosial melaksanakan kegiatan Layanan Dampingan Psikosial (LDP) khusus bagi anak yatim piatu korban covid 19.

"Anak-anak di Kabupaten Kediri yang harus terpisah dari orang tuanya akibat covid 19 cukup banyak. Tahun ini merupakan tahun ke 2 kegiatan setelah tahun 2021 kemarin sekitar 500 anak yang usianya 11-18 tahun, sedangkan untuk tahun ini bagi anak yang usianya antara 6-10 tahun sebanyak 250 anak", terang Dyah Saktiana.

Masih oleh Ketua Pokja 1 Dyah Saktiana bahwa program ini adalah inisiasi dari mbak Cica panggilan akrab Ketua TP PKK, dimana TP PKK bersinergi dengan Dinas terkait guna memberikan sentuhan kepada anak-anak yang kehilangan orang tuanya.

"Mbak Chica berpesan melalui kegiatan ini, jika terdapat anak yang terindikasi memerlukan penanganan lanjutan dan membutuhkan pendampingan psikolog, dihimbau kepada Ketua TP PKK kecamatan maupun desa untuk segera menginformasikan kepada kami agar bisa segera tertangani dengan baik," jelasnya

"Dalam kegiatan LPD ini, anak-anak diajak bermain, bernyanyi, menari, menggambar serta menorehkan cita-citannya diatas secarik kertas," terangnya

Kemudian secarik kertas tersebut dilipat seperti pesawat dan diterbangkan bersama-sama. Nampak raut wajah senang dan gembira dapat menghapus kesedihan mendalam bersamaan dengan diterbangkannya pesawat kertas tersebut.

Seperti Ibrahim yang masih duduk dibangku kelas 1 SD mempunyai cita-cita sebagai pemadam kebakaran. Saat ditanya kenapa memilih cita-cita sebagai PMK dengan polosnya menjawab, "Menjadi Seorang Pemadam dapat membantu orang yang rumahnya kebakaran", jawabnya sambil tersipu malu.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox