Bergerak Bersama dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri21 Sep 2023, 15:54:24 WIB UMKM, Koperasi dan Perdagangan
Bergerak Bersama dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan

Dalam upaya meningkatkan potensi ekonomi dan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), sebuah program pelatihan pemasaran terpadu telah berhasil dilaksanakan. Digelar di Balai Desa Karangrejo Kecamatan Ngasem, kegiatan ini merupakan wujud kebersamaan antara pemerintah, akademisi dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas Produk UMKM (21/9/2023).

Program ini merupakan sinergi antara Tim Progam Penguatan Kapasitas Ormawa UKM UKKI (PPK UKKI) Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri dan masyarakat Desa Karangrejo.

Dengan mengangkat tema "Pengembangan Bisnis Melalui Strategi Pemasaran Digital: Menciptakan Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan," pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dorongan penting bagi pengusaha lokal untuk bersaing di era digital.

Peserta pada kegiatan ini terdiri dari TP PKK, Karangtaruna dan para pelaku UMKM Desa Karangrejo. Mereka sangat antusias mengikuti setiap tahapan materi yang disampaikan oleh Narasumber. 

Salah satu pemateri pelatihan kali ini adalah Rino Sardanto, M.Pd., seorang dosen dan juga pendamping dari tim PPK UKKI.

Materi yang disampaikan cukup komplit, mencakup berbagai aspek strategi pemasaran digital termasuk pemanfaatan media sosial, menciptakan keunggulan bersaing, dan pemasaran bisnis yang berkelanjutan. 

"Di era sekarang ini, media online dan media sosial adalah sarana yang tepat untuk memasarkan produk-produk UMKM", terangnya.

Lebih lanjut, Rino menjelaskan bahwa hampir semua orang saat ini memiliki gadget dan pastinya juga berselancar dimedia sosial. Ini adalah kesempatan kita untuk dapat mengenalkan produk-produk kita kepada masyarakat.

"Karena media online maupun media sosial memiliki jangkauan yang cukup luas, bagi pelaku UMKM tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak sebagai sarana promosi", jelasnya

Pada kegiatan ini, pemateri memberikan wawasan yang berharga kepada peserta, memandu mereka melalui langkah-langkah praktis untuk mengembangkan bisnis mereka.

Masih kata Rino, selain materi pelatihan, acara ini juga menjadi platform bagi peserta untuk berbagi pengalaman dan jaringan bisnis. Mereka dapat saling bertukar ide dan berdiskusi tentang peluang kolaborasi dalam rangka meningkatkan daya saing produk dan jasa mereka di pasar digital yang semakin kompetitif.

Rino berharap, dengan Program pelatihan pemasaran terpadu ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi UMKM dan masyarakat di Desa Karangrejo. 

"Semoga para peserta dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh untuk meningkatkan daya saing bisnis mereka di pasar yang terus berubah dan berkembang", harapnya.

Dengan semangat sinergi yang tinggi antara Tim PPK UKKI dan masyarakat Desa Karangrejo, program ini berhasil menciptakan momentum positif untuk pengembangan bisnis melalui strategi pemasaran digital, membawa Desa Karangrejo satu langkah lebih maju menuju masa depan yang cerah dalam dunia bisnis digital.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox