Mas Dhito Ajak Forkopimda Serentak Monitoring Harga Kebutuhan Pangan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri21 Apr 2022, 21:20:28 WIB UMKM, Koperasi dan Perdagangan
Mas Dhito Ajak Forkopimda Serentak Monitoring Harga Kebutuhan Pangan

Mendekati Lebaran Idul Fitri, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bersama  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang tergabung dalam Satgas Pangan melakukan monitoring harga kebutuhan pangan di pasar-pasar tradisional secara serentak, Kamis (21/4/2022) siang. Monitoring sendiri dibagi dalam 4 kelompok, Mas Dhito bersama Kapolres Kediri dan juga Sekretaris Daerah meninjau Pasar Pamenang Pare, Kajari bersama Dandim 0809 meninjau Pasar Kandangan, Kapolres Kediri Kota bersama Ketua Pengadilan Negeri di Pasar Gringging Kec.Grogol dan Ketua DPRD Kab. Kediri beserta Wakil Bupati Kediri meninjau Pasar Purwokerto Ngadiluwih.

Pemantauan dilakukan dengan meminta informasi stok dan harga kepada pedagang termasuk supplier. Adapun berdasarkan keterangan yang didapat, menurut Mas Dhito,  minyak goreng dinilai tidak ada kendala, termasuk harga untuk dua minggu terakhir relatif stabil.

Begitu juga untuk kebutuhan pokok lain, seperti gula, daging sapi maupun ayam. Hanya saja untuk daging sapi harga mengalami sedikit kenaikan tetapi masih relatif aman. Begitu juga untuk komoditas kedelai.

Satgas pangan yang terdiri dari unsur pemerintah daerah, kepolisian dan TNI sejak awal puasa telah melakukan pemantauan. Bahkan, sebelum puasa saat minyak goreng terjadi perubahan kebijakan satgas pangan turun untuk menjamin ketersediaan stok termasuk kestabilan harga.

Berdasarkan pemantauan, sebelumnya diakui untuk beberapa komoditas harga masih fluktuatif khususnya minyak goreng. Harga kedelai sempat Rp15 ribu, dan daging ayam sempat sampai Rp35 ribu. Namun, seminggu terakhir harga stabil.

Dari hasil pemantauan, daging ayam sudah turun di harga Rp33 ribu/kg, daging kisaran Rp105-110 ribu/kg, harga kedelai Rp14 ribu. Minyak goreng dikarenakan perubahan kebijakan, pemantauan khusus untuk minyak curah karena subsidi masih berlaku.

Diharapkan dengan pemantauan yang dilakukan secara serentak tersebut, dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan termasuk kestabilan harga.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus