3649 view

Desa Wisata Jugo

Desa Wisata Jugo atau yang biasa dikenal dengan Area Wisata Besuki, merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Kediri yang terletak di Kecamatan Mojo. Anda bisa menuju ke desa ini dengan berkendara ke arah barat dari alun-alun Kota Kediri sekitar 25 kilometer. Meski agak jauh, tetapi pemandangan di sepanjang jalan menuju lokasi terbilang sangat indah. Anda bisa menikmati pepohonan hijau, lereng perbukitan dan pemandangan Gunung Wilis di sebelah barat. Jalan beraspal hotmix yang cukup lebar membuat lokasi ini bisa diakses dengan mudah.

 


  • 3. Air Terjun Dolo

    Air Terjun Dolo

    Air Terjun Dolo adalah salah satu tempat wisata air terjun yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Air terjun ini berada di bagian timur lereng Gunung Wilis (2.850 meter), yang memiliki ketinggian 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut (dpl). Air terjun Dolo berjarak 4 meter dari air terjun Irenggolo yang dibatasi oleh banyak pepohonan dan hutan, yang juga masih terletak di kawasan Besuki.

    Debit air yang dicurahakan air terjun ini tidak terlalu deras, namun memiliki suhu air yang sangat dingin. Tumpahan air yang jatuh dari atas terbagi atas tiga bagian, mulai dari bagian yang paling tinggi sekitar 90 meter dan dibawahnya sekitar 2-5 meter. Air terjun Dolo terletak di kawasan pegunungan, sehingga selain suhu udaranya dingin, seringkali kawasan di sekitar air terjun dan akses jalan menuju ke sana tertutup oleh kabut.

     

    Air terjun Dolo bejarak kurang lebih 25 kilometer dari pusat Kota Kediri, dan dapat ditempuh 2 jam dari Pare, Kabupaten Kediri. Untuk menuju ke air terjun Dolo, jika dari pusat Kota Kediri ke arah barat lalu melalui Pohsarang, Kecamatan Semen. Akses jalan menuju ke air terjun Dolo berliku-liku karena terletak di kawasan pegunungan. Namun pemerintah Kabupaten Kediri telah membangun sarana jalan yang lebih halus dan lebar dari sebelumnya, sehingga lebih memudahkan para pengunjung yang datang baik dari arah kota Kediri maupun dari arah Ponorogo. Setelah sampai di tempat parkir, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Untuk mencapai lokasi air terjun Dolo, pengunjung diharuskan melewati dan menuruni sekitar 900 anak tangga yang berjarak kurang lebih 1 kilometer.