3648 view

Desa Wisata Jugo

Desa Wisata Jugo atau yang biasa dikenal dengan Area Wisata Besuki, merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Kediri yang terletak di Kecamatan Mojo. Anda bisa menuju ke desa ini dengan berkendara ke arah barat dari alun-alun Kota Kediri sekitar 25 kilometer. Meski agak jauh, tetapi pemandangan di sepanjang jalan menuju lokasi terbilang sangat indah. Anda bisa menikmati pepohonan hijau, lereng perbukitan dan pemandangan Gunung Wilis di sebelah barat. Jalan beraspal hotmix yang cukup lebar membuat lokasi ini bisa diakses dengan mudah.

 


  • 4. Air Terjun Irenggolo

    Air Terjun Irenggolo

    Air Terjun Irenggolo terletak di ketinggian 1200 mdpl. Saat Anda sampai di sana Anda akan disambut dengan gerbang bertuliskan Irenggolo dan deretan warung kuliner yang mirip rumah pohon karena warung tersebut di topang oleh kayu dan pepohonan. Di lokasi tersebut juga disediakan fasilitas yang bisa Anda gunakan seperti gazebo, taman bermain (ayunan, jungkat-jungkit), kolam renang, musholla dan kamar mandi. Dari lokasi parkir, Anda harus berjalan kaki sekitar 200 meter untuk menuju air terjun melewati jalan setapak yang dipinggirnya adalah lereng yang cukup dalam. Sambil berjalan kaki Anda bisa melihat pemandangan lereng gunung Wilis, suara burung berkicau riang, tumbuhan khas pegunungan bahkan Anda bisa melihat burung melompat dari dahan ke dahan.

    Air terjun Irenggolo memiliki ketinggian 80 meter namun karena kemiringan lerengnya agak landai mungkin sekitar 40-45 derajat, kesannya tidak jatuh dari ketinggian 80 meter. Jika diperhatikan dengan seksama, batuan yang menjadi lintasan air terjun ini mempunyai bentuk yang unik seperti anak tangga. Anda bisa berfoto, membasuh muka atau bahkan mandi di Air Terjun ini. Airnya yang dingin seperti es membuat segar sekujur tubuh.