Vakum 2 Tahun, Lomba Gerak Jalan Kabupaten Kediri Disambut Meriah

By Dinas Kominfo Kab. Kediri09 Agu 2022, 13:50:59 WIB Pendidikan
Vakum 2 Tahun, Lomba Gerak Jalan Kabupaten Kediri Disambut Meriah

Menyambut HUT RI ke-77 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022, rangkaian kegiatan dalam memeriahkannya telah terasa. Setelah vakum 2 tahun kegiatan lomba gerak jalan di Kabupaten Kediri menjadi angin segar dan disambut baik oleh peserta maupun masyarakat sekitar. 

Kegiatan ini diikuti oleh siswa siswi mulai dari SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MAN/SMK se-Kabupaten Kediri, rangkain kegiatan ini berjalan 2 hari, tertanggal 9 Agustus 2022 yaitu untuk peserta tingkat SD dan SMP sedangkan 10 Agustus 2022 adalah peserta tingkat SMA. 

“Jumlah peserta SD 27 regu putra putri, SMP 75 regu putra putri, sedangkan SMA ada 40 regu putra putri.” Jelas Dr. Mochamat Mukhsin, M.Pd. selaku Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri (9/8). 

Lomba baris berbaris ini juga memiliki manfaat untuk para siswa siswi yang ikut serta. Mulai dari menumbuhkan rasa disiplin, pelatihan baris berbaris dapat membuat peserta lebih disiplin karena harus mendengarkan dan menjalankan aba-aba yang diberikan. 
Selain itu juga menumbuhkan rasa kebersamaan, pelatihan ini juga bisa menumbuhkan rasa kebersamaan di antara peserta baris berbaris. 

Mereka juga dilatih untuk bekerja sama dalam mengikuti dan menjalankan aba-aba. Baris berbaris membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, mulai dari mendengarkan setiap instruksi yang diberikan hingga bergerak sesuai dengan aba-abanya, sehingga dapat meningkatkan daya konsentrasi. Serta baris berbaris juga menumbuhkan dan melatih solidaritas antar anggota pramuka. Selain solidaritas, pelatihan ini juga turut menumbuhkan rasa setia kawan.

“Dengan latihan 3 mingguan kami maksimalkan untuk lomba hari ini, saya berharap semoga anak-anak muda generasi muda bisa menjadi inspirasi untuk temen temen yang ada di seluruh sekolah, walau dari SMA, SMK, atau MAN bisa berbaur menjadi satu generasi yang hebat.” ucap Handini Nur Kumala Sari dari SMA Negeri 1 Gurah.

Dari peserta SD hingga SMA jalur rute lomba gerak jalan ini dibedakan, untuk tingkat SD jarak yang ditempuh hanya 2,4 kilometer, sedangkan tingkat SMP dan SMA menempuh rute 4,6 kilometer yang mana start dan finish berada di Halaman Depan Pemkab Kediri.

Mas Dhito selaku Bupati Kediri melalui Plt. Kepala Dinas Pendidikan juga berpesan kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa kondisi kabupaten Kediri sudah membaik anak anak bisa melaksanakan kegiatan secara terbuka dengan tetap waspada menjaga kesehatan, fisik, dan menjaga jarak.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dr. Mochamat Mukhsin, M.Pd. juga menjelaskan bahwa kegiatan lomba gerak jalan ini juga mengangkat perekonomian di wilayah Kabupaten Kediri. 

“Intinya ini bagian penting dari upaya Pemerintah Kabupaten Kediri atas saran Mas Bup untuk senantiasa meningkatkan kegiatan-kegiatan yang bisa menggerakan ekonomi masyarakat, karena tentu anak anak belanja kaos kaki, belanja sepatu, belanja seragam dan di sepanjang jalan pedagang asongan jajanan juga mendapatkan penghasilan dari jualannya.” jelasnya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox