Gelar Apel Siaga Pengawasan, Bawaslu Kabupaten Kediri Siap Kawal Setiap Tahapan Pemilu

By Dinas Kominfo Kab. Kediri14 Feb 2023, 14:22:55 WIB Pemerintahan, Politik, dan Keamanan
Gelar Apel Siaga Pengawasan, Bawaslu Kabupaten Kediri Siap Kawal Setiap Tahapan Pemilu

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kediri menggelar apel siaga pengawasan satu tahun menuju Pemilu serentak 2024, sebagai langkah awal mengawasi proses tahapan pemilu.

Apel siaga tersebut diikuti oleh seluruh anggota komisioner Bawaslu, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Dinas terkait, Seluruh partai Politik peserta pemilu, sejumlah organisasi masyrakat dan sebagi peserta apel adalah para anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Bertempat di halaman Kantor Bawaslu bertindak sebagai pembina apel Sukari, S.kom komisioner Bawaslu Divisi penanganan pelanggaran, data dan informasi. (14/2/2023).

Usai apel siaga, Ketua Bawaslu melalui Ali Mashudi, S.Hi menjelaskan Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan Pemilu serentak tahun 2024 berjalan lancar damai dan berintegritas.

Hari ini,14 Februari 2023 tepat 1 tahun menuju Pemilu serentak, Bawaslu RI juga secara nasional melaksanakan apel pengawasan dengan berbagai bentuknya.

"Kegiatan kita hari ini setelah apel siaga, juga soft louching program Nasional "Jarimu Awasi Pemilu" adalah wadah bagi komunitas digital untuk pengawasan Partisipatif bagi lembaga maupun masyarakat Indonesia," terangnya.

"Kemudian juga ada lounching posko "Kawal Hak Pilih" dan yang terakhir deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024," lanjutnya.

"Dalam menghadapi Pemilu Serentak 2024 mendatang, Bawaslu beserta Panwascam harus siap dan semangat mengawal setiap tahapan pemilu agar tercipta pemilu langsung, umum, bebar, rahasia, jujur dan adil," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Kediri, melalui Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Kediri, Dra. Mari Susiawati, MM. mengatakan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 telah ditetapkan pada hari Rabu, 14 Februari 2024, sehingga tepat satu tahun lagi sejak sekarang kita menghadapi tahun dengan suhu politik yang mulai menghangat memasuki pesta demokrasi mendatang.

"Tantangan mengawal Pemilu berlangsung sesuai asas bebas, jujur, adil dan demokratis menjadi amanah yang diberikan kepada Bawaslu," tuturnya.

"Mengutip amanat Presiden Joko Widodo kepada Bawaslu, Beliau meminta seluruh rakyat Indonesia dapat dijamin hak politiknya dengan baik. Lakukan koordinasi dengan aparat keamanan agar penyelengaraan dapat berjalan dengan lancar dan aman," paparnya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox