Desa Mlancu Menuju Desa Wisata Edukasi

By Dinas Kominfo Kab. Kediri27 Jun 2019, 00:00:23 WIB Warta Desa dan Citizen Journalism
Desa Mlancu Menuju Desa Wisata Edukasi

Desa Mlancu, Kecamatan Kandangan sedang dalam tahap mempersiapkan diri menjadi salah satu destinasi wisata edukasi. Keberadaannya sebagai sentra buah durian, rambutan, anggrek dan susu segar akan menjadi dagangan potensial yang coba ditawarkan kepada wisatawan.

Kepala Desa Mlancu, Sriono, mengatakan tahapan kini sedang dibuat konsep bersama perangkat desa bersama masyarakat. Dorongan juga diberikan oleh Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno agar Desa Mlancu bergerak maju dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki.

edukasimlancu

“Konsep warga dan perangkat desa kini mengerucut pada bentuk wisata edukasi. Dimana nanti wisatawan dapat belajar mengenai macam varietas durian, anggrek dan rambutan. Juga cara merawat, pencegahan hamanya serta potensi pasarnya,” jelasnya kepada Kominfo (27/6).

Ditambahkan oleh Sriono, adanya wisata edukasi ini harapannya akan memberi nilai tambah dan kesejahteraan bagi warga Desa Mlancu. Sehingga menambah income warga, tidak hanya dari penjualan produknya saja, namun memberi nilai tambah yang lain.

MULYONO-SLUMBUNG 4

“Sesuai arahan Ibu Bupati agar lancu mengeksplorasi semua potensi yang ada. Buah durian selama ini hanya dijual buahnya bisa dikembangkan dalam UMKM olahan durian, menjual bibit durian dan dikemas pula berbentuk wisata edukasi. Sehingga dari durian saja bisa mendapat empat poin,” tambahnya.

“Begitu pula dengan potensi lain seperti rambutan, anggrek, dan susu sapi. Dengan adanya wisata edukasi ini harapannya dapat memberi nilai tambah bagi seluruh warga Mlancu. Pada akhirnya dapat menambah kesejahteraan warga,” pungkasnya. (Kominfo/yda,team,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus

Tinggalkan komentar Anda