Terapkan Protokol Kesehatan di Pasar Tradisional

By Dinas Kominfo Kab. Kediri09 Jul 2020, 14:00:08 WIB UMKM, Koperasi dan Perdagangan
Terapkan Protokol Kesehatan di Pasar Tradisional

Pemerintah Kabupaten Kediri terus berupaya menanggulangi dan mencegah penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan melakukan sidak dan sosialisasi protokol kesehatan di pasar tradisional di wilayah Kabupaten Kediri.

Seperti pada Kamis 9 Juli 2020, petugas gabungan dari Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan dan Satpol PP melakukan sidak di Pasar Mojo. Sejak pagi mereka memantau aktivitas perdagangan di pasar tersebut. Pedagang dan pengunjung diminta untuk memakai masker dan jaga jarak.

Jika ada pengunjung yang tidak memakai masker, petugas meminta untuk membeli masker terlebih dahulu. Selain itu para pedagang dan pengunjung juga diarahkan untuk sering mencuci tangan memakai sabun. Sarana cuci tangan pun telah disiapkan di beberapa tempat untuk memudahkan mereka menerapkan protokol kesehatan tersebut.

Sambil melakukan sweeping di area pasar, salah satu petugas terus menyampaikan pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 saat ini. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak harus terus dilakukan di setiap kesempatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Pasar merupakan salah satu tempat yang rentan terjadi penularan. Aktivitas perdagangan cukup tinggi, banyak didatangi pengunjung dari segala penjuru dan berpotensi terjadi kerumunan. Ini yang harus kita waspadai bersama,” kata petugas dari Dinas Perdagangan.

Sebagian besar pedagang maupun pengunjung terlihat sudah mematuhi imbauan pemerintah. Mereka mengenakan masker dan mencuci tangan seusai beraktivitas. Jika ada satu dua orang yang tidak mengenakan masker atau menurunkan masker ke dagu, pedagang lain mengingatkan. Kerjasama dan saling mengingatkan ini penting sebagai bentuk kepedulian dalam menghadapi pandemi covid-19, serta untuk mencegah munculnya klaster baru dari lingkungan pasar.

Untuk diketahui,sidak dan sosialisasi juga dilakukan petugas gabungan di pasar-pasar lain di wilayah Kabupaten Kediri, seperti Pasar Pamenang, Pasar Induk Pare, Pasar Bendo, Pasar Gurah, Pasar Gringging dan Pasar Kras. (Kominfo/tee,fz,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus