Ayo Makan Ikan!! Gizi Cukup, Imun Kuat, Stunting Minggat

By Dinas Kominfo Kab. Kediri21 Okt 2021, 17:27:36 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Ayo Makan Ikan!! Gizi Cukup, Imun Kuat, Stunting Minggat

Dinas Perikanan dan TP PKK Kabupaten Kediri berkolaborasi mensukseskan program Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di Kabupaten Kediri.Digelar di Desa Kemiri Kecamatan Kandangan, (21/10/21), kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh dan cegah stunting.

"Sasarannya difokuskan kepada anak-anak, ibu hamil dan menyusui agar asupan gizi yang dibutuhkan bisa terpenuhi,”jelas Budijono Langgeng Saputro, S.Pt.Kasie Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan.

"Sekarang bagaimana kita dapat mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya menambah isi piring dengan lauk ikan. Apalagi di saat seperti ini, konsumsi ikan dapat meningkatkan imunitas tubuh dan tahan jika terkena virus covid 19," harapnya.

Budijono Langgeng menambahkan, Desa Kemiri dipilih menjadi lokasi kegiatankarena desa ini termasuklokusstunting. Diharapkan dengan banyak konsumsi ikan,angkastuntingdapat turun dan anak akan semakin sehat dan cerdas. Seperti arahan dari Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, bahwa tahun 2025 harus zero stunting di Kabupaten Kediri.

Pada kegiatan iniDinas Perikanan membagikan sebanyak 175 paket berupa ikan segar berbumbu dan abon ikan kepada warga. Ini sebagai motivasi kepada masyarakat agar gemar makan ikan, paling tidak seminggu 3 kali makan ikan.

"Ikan itu mengandung protein tinggi dan asam amino omega 3 yang baik untuk pertumbuhan anak. Sekali lagi, Saya sampaikan kepada masyarakat, bahwaKabupatenKediri merupakan sentra ikan lele. Jadi tidak perlu beli ikan yang mahal karena ikan lele harganya cukup terjangkau dan gizi sudah terpenuhi," ucap Langgeng.

Yayuk salah satu warga Desa Kemiri mengatakan,kegiatan ini dapat membuka mata kita bahwa konsumsi ikan itu sangat penting.

"Harun anak saya yang masih berusia 20 bulan ini hampir setiap hari makan ikan, apalagi kesukaannya adalah makan ikan lele,"terangnya. (Kominfo/lks,dn,tee,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox