Anugerah Desa Wisata, Gali Potensi Desa Tingkatkan Ekonomi Masyarakatnya

By Dinas Kominfo Kab. Kediri24 Nov 2022, 23:04:34 WIB Pariwisata, Seni dan Budaya
Anugerah Desa Wisata, Gali Potensi Desa Tingkatkan Ekonomi Masyarakatnya

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan memberikan penghargaan Anugerah Desa Wisata Tahun 2022 pada Kamis (25/11/2022). Bertempat di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG), dihadiri Wakil Bupati Kediri, Dewi Mariya Ulfa, Penjabat Sekretaris Daerah Adi Suwignyo dan perwakilan Forkopimda.

“Saat ini Alhamdulillah di Kabupaten Kediri mulai berkembang 35 desa wisata, masing-masing desa memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Wisata yang dikembangkan pun juga berbeda seperti wisata alam, budaya, seni, dan juga situs sejarah hingga kuliner,” jelas Adi Suwignyo dalam sambutannya.

Menurutnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan memberikan pembinaan supaya desa ini memiliki paket wisata yang dapat disuguhkan dan memiliki ciri khas tersendiri.

Dengan adanya penganugerahan desa wisata ini diharapkan dapat membangkitkan motivasi desa-desa lain untuk berinovasi mengembangkan potensi yang ada didesanya. Tidak hanya alam yang dapat disuguhkan dalam desa wisata, tetapi budaya ataupun seni yang terdapat pada desa tersebut.

“Sehingga wisatawan dari luar kota/daerah yang datang ke Kabupaten Kediri dapat memilih wisata mana yang ingin dikunjungi. Selain desa wisata Kabupaten kediri juga memiliki wisata unggulan seperti lereng  Gunung Wilis, air terjun Dolo, wisata Gunung Kelud, monumen Simpang Lima Gumul dan masih banyak lagi," terang Adi Suwignyo.

"Selain wisata alam, kita juga punya tempat peninggalan sejarah seperti Candi Tegowangi, petilasan Sri Aji Joyoboyo, wisata religi Gereja Puhsarang, serta terdapat 1.700 organisasi seni yang sebagian besar seni jaranan,” tuturnya.

Akhirnya waktu yang paling ditunggu telah tiba, setelah para penonton dihibur oleh penampilan para pelaku seni Kabupaten Kediri diumumkan pemenang Anugerah Desa Wisata Kabupaten Kediri tahun 2022.

"Juara pertama Anugerah Desa Wisata diberikan kepada Desa Sempu Kecamatan Ngancar. Dimana sesuai kategori, desa tersebut memiliki paket wisata yang lengkap. Mulai dari kuliner, UMKM, destinasi wisata, tracking, wisata jeep menelusuri alam desa sempu, juga partisipasi masyarakat setempat yang cukup kompak,” jelas Adi Suwignyo.

Juara 2 diraih Desa Dawung, Juara 3 Desa Bringin, Harapan 1 Desa Keling, Harapan 2 Desa Canggu.

Usai menyerahkan penghargaan, Wakil Bupati Kediri yang akrab disapa Mbak Dewi berharap, bagi desa yang juara agar lebih meningkatkan potensi wisata desa sehingga akan dapat meningkatkan kunjungan masyarakat.

“Yang belum menang tetap semangat dan gali potensi desa yang bisa dipublikasikan untuk mengoptimalkan potensi desa agar masyarakat desanya lebih maju dan berkembang," tuturnya.

Jika suatu desa memiliki paket wisata maka secara otomatis para pelaku UMKM  juga akan terangkat dan ekonomi masyarakat juga meningkat,” tutup Dewi Mariya Ulfa.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox