Yuk Makan Ikan, Wujudkan Kediri Cerdas Bebas Stunting

By Dinas Kominfo Kab. Kediri22 Feb 2023, 15:25:58 WIB Stunting
Yuk Makan Ikan, Wujudkan Kediri Cerdas Bebas Stunting

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perikanan bersama TP-PKK Kabupaten Kediri menggelar kampanye Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) bertempat di Balai Desa Bendo Kecamatan Pare, (22/2).

Kegiatan ini mengusung tema "Makin Kece Skali", yang artinya makan ikan Kediri cerdas stunting tak ada lagi. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar mengkonsumsi ikan supaya bisa menanggulangi stunting.

Anggota Pokja III, Rumiati, saat membacakan sambutan Ketua TP-PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito atau mbak Cicha menyampaikan, dengan tujuan untuk motivasi kepada masyarakat kususnya ibu hamil dan balita untuk menkonsumsi ikan secara teratur dan memeberi alternatif olahan ikan sebagai variasi dalam menu makanan sehari-hari.

"Untuk menunjang kesehatan serta menjadi salah satu langkah menciptakan generasi  yang sehat dan cerdas," pesan Mbak Cicha yang juga selaku Ketua FORIKAN.

"Banyak manfaat dari mengkonsumsi ikan. Dimana ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang mengandung protein tinggi rendah lemak jenuh kaya omega 3,6, dan 9 juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh serta harga terjangkau dan mudah ditemui dipasaran," tambahnya.

Menutup sambutan dari Mbak Cicha, Rumiati menyampaikan dalam kegiatan ini bisa menjadi penyemangat bagi kita semua untuk lebih menyukai masakan berbahan baku ikan dan menjadikan pilihan menu makanan keluarga sehari-hari untuk kesehatan keluarga kita.

"Serta dapat menanamkan kebiasaan suka makan ikan pada anak-anak kita sehingga menjadi generasi yang sehat dan cerdas terhindar dari stunting," pungkasnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri melalui Kepala Bidang Usaha Perikan Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Yoedhiana Puspitasari, menjelaskan bahwa Mas Bup atau Mas Dhito sangat fokus terhadap upaya untuk menurunkan angka stunting. Beliau menargetkan tahun ini harus turun satu digit. Oleh karena itu program kegiatan prioritas adalah untuk menunjang penurunan angka stunting.

"Oleh karena itu dengan kegiatan ini diharapakan bisa mengedukasi kepada masyarakat terutama untuk anak dan ibu hamil untuk makan ikan dengan berbagai alternatif olahan ikan untuk mengatasi stunting," ucap Yoedhiana.

Yoedhiana melanjutkan akan memberikan alternatif cara pengolahan ikan dari berbagai resep untuk mengolah ikan kemudian nanti juga akan diberikan 150 paket dari 7 produk olahan ikan seperti nugget, abon, bakso, dan sebagainya.

"Paling utama olahan ikan ini dari UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) binaan kita yaitu dari POKLAHSAR (Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan) dengan tujuan selain untuk menurunkan angka stunting kita juga bisa memberdayakan UMKM kita," ucap Yoedhiana

Hadir pula dalam acara ini Camat Pare M. Nizam Subekhi, perwakilan OPD terkait, TP-PKK Kecamatan dan Desa, Kepala Desa Bendo, kader PKK serta peserta dari ibu hamil dan menyusui.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox