Workshop Olahan Makanan Sehat Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting

By Dinas Kominfo Kab. Kediri01 Feb 2023, 13:04:39 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Workshop Olahan Makanan Sehat Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri menggelar workshop olahan makanan sehat dalam rangka percepatan penurunan stunting, di Gedung Grahatama Balai Desa Kepung Kecamatan Kepung (1/2/23)

Hadir dalam acara dari Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri, TP-PKK Kabupaten Kediri dan dinas terkait, serta  narasumber dari sub koordinator kesehatan keluarga dan gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, Retno Nur Azizah serta Chef Budy dari lembaga pelatihan kerja, Bakery dan Catering Budy.

Hadir pula perwakilan dari kecamatan, desa dan peserta sekitar 30 orang yang terdiri dari ibu-ibu hamil dan menyusui serta dari kader Posyandu dan kader PKK.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendukung program dari Mas Bup terkait dengan percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Kediri. Dalam kegiatan ini juga melibatkan TP-PKK Kabupaten Kediri yang merupakan mitra kerja pemerintah.

 "TP-PKK Kabupaten Kediri baik dari pusat hingga desa sampai kader bersinergi bersama-sama turut serta dalam upaya penurunan angka stunting," jelas Yanik dyah anggota Pokja III TP-PKK Kabupaten Kediri.

"Peran aktif PKK sangat dibutuhkan terutama ketika di desa bisa mensosialisasikan bagaimana penanggulangan stunting. Jadi pelatihan olahan hari ini bisa disosialisasikan pada kegiatan PKK lainnya," tambah Yanik.

Paparan materi oleh Retno Nur Azizah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri tentang  pemenuhan gizi pada anak. Karena gizi yang seimbang diperlukan makanan padat gizi yang beragam untuk anak setiap kali makan dan pastikan anak mengonsumsi makanan bergizi sesuai anjuran Panduan Gizi Seimbang berbasis Pangan Lokal (PGS-PL).

Peserta pelatihan dengan penuh semangat menyimak praktek memasak olahan makanan sehat terbuat dari bahan-bahan yang sehat dan bergizi oleh Chef Budy, diantaranya kroket kentang, otak-otak panggang, soup bola tahu ayam, chiken katsu, nasi tim ayam dan bubur daging kentang.

"Dari workshop olahan makanan sehat yang di praktekkan hari ini bertujuan untuk memberikan tambahan asupan makanan yang sehat dan bergizi bagi anak-anak stunting agar bisa menambah berat badan dan juga untuk menambah asupan gizi bagi ibu hamil supaya tidak ada lagi anak stunting," jelas Umi Kulsum yang merupakan penyuluh perindustrian dan perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri.

"Selain itu juga dengan pelatihan ini bisa menumbuhkan jiwa wirausaha terutama bagi kader-kader karena setiap minggu ada kegiatan dan olahan makanan sehat tersebut bisa dimasak sendiri serta bisa diperjualbelikan sehingga bisa menambah kesejahteraan dan perekonomiannya," pungkasnya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox