UTD PMI Kabupaten Kediri Jemput Bola Donor Darah

By Dinas Kominfo Kab. Kediri09 Sep 2020, 00:00:53 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
UTD PMI Kabupaten Kediri Jemput Bola Donor Darah

Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kediri mulai melakukan kegiatan donor darah massal di luar kantor.

Kepala UTD PMI Kediri, dr. Arin Istiyani mengatakan, kegiatan donor darah masal per hari ini mulai diperbolehkan. Hal itu ditandai dengan adanya donor darah di Kantor Kecamatan Ngasem yang digelar hari ini, Rabu (9/9/20).

“Kita sudah mulai jemput bola, melakukan donor darah di Kecamatan Ngasem, dimana pada hari ini diikuti sekitar 114 pendonor,” jelasnya.

Dokter yang akrab disapa Arin itu juga mengatakan, untuk proses donor menerapkan protokol kesehatan ketat, dimana para peserta harus melakukan pengecekan suhu tubuh, cuci tangan dan menggunakan masker.

dr. Arin juga menyebut di setiap kegiatan jemput bola pihaknya menarget sebanyak 50 kantong darah. “Alhamdulillah hari ini kami mendapatkan lebih dari target yakni sebanyak 114 kantong,” tuturnya.

Dari total kantong tersebut ia berharap banyak mendapatkan golongan darah O dan A. “Semoga yang didapat banyak golongan darah O dan A, karena saat ini golongan darah tersebut sedang menipis stoknya,”tambahnya.

Sementara itu, Ari Budianto, Camat Ngasem, menuturkan kegiatan donor darah merupakan agenda rutin tiga bulan sekali.

donor 2

 

“Kecamatan Ngasem sudah punya jadwal berkala di PMI Kediri setiap 3 bulan sekali. Kebetulan kemarin dari pihak Front One ada kegiatan donor darah akhirnya kita padukan dengan kegiatan kita akhirnya jadi lah acara ini,” jelasnya.

“Dengan kegiatan ini alhamdulillah kami dapat membantu PMI untuk memenuhi target stok darah. Semoga kedepan lebih banyak lagi darah yang ada di PMI untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, dari kegiatan donor darah di Kecamatan Ngasem ini diperoleh 114 kantong darah, terdiri dari 30 kantong golongan darah A, 37 kantong golongan darah B, 41 kantong golongan darah O, dan 6 kantong golongan darah AB. Sementara itu kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Klinik PTPN Sepawon dan didapatkan 48 kantong darah. (Kominfo,fd,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox