Uji Coba Alat Modern Dengan Sistem Mekanisasi di RPH

By Dinas Kominfo Kab. Kediri19 Nov 2020, 17:00:02 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Uji Coba Alat Modern Dengan Sistem Mekanisasi di RPH

Progres pembangunan Rumah Potong Hewan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri yang terletak di Desa Pelem, Kecamatan Pare memasuki tahap akhir. Saat ini sejumlah peralatan modern dengan sistem mekaninasasi telah terpasang dan siap digunakan, rencananya akan dilakukan tahap uji coba. Sementara itu, guna mendukung akses ke lokasi RPH, saat ini tengah proses pembangunan jalan.

Rumah Potong Hewan Pare dibangun di atas lahan seluas 2 hektar, dengan sumber dana berasal dari APBD senilai Rp 5,5 Milyar untuk bangunan dan Rp 2 Milyar untuk peralatan. Pembangunan ditargetkan akan selesai akhir tahun 2020.

Peralatan di RPH meliputi alat perebah sapi/restraining box, alat pembelah tulang punggung yang dilengkapi dengan mesin hidrolik, alat pemotong kaki/dengkul, alat untuk menguliti, katrol elektric dan katrol manual, plaint troly yang dilengkapi dengan carcas hanger, vacum packing machine, chilling room, post mortem set, troli daging dan troli jerohan.

"Saat ini masih proses pembangunan jalan masuk, sementara untuk alat modern sudah terpasang, dan akan memasuki tahap uji coba, semoga Desember nanti keseluruhan sudah clear semua," kata Tutik Purwaningsih, Kepala Dinas KPP Kabupaten Kediri.

Seperti diketahui, pembangunan RPH yang dilengkapi sejumlah fasilitas yang sesuai standar kesehatan masyarakat veteriner (Kesmavet) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi daging, serta menghasilkan  produk yang menganut standar aman, sehat utuh dan halal (ASUH).

Sementara untuk fasilitas yang tersedia meliputi kantor utama, kantor administrasi, ruang pemotongan hewan yang dilengkapi alat restrain box, rel gantung karkas, ruang uji laboratorium, ruang pelayuan karkas atau daging, cool storage, ruang pemeriksaan post mortum, pemeriksaan ante mortum, ruang pemotongan hewan darurat, kandang penampungan ternak sementara, rumah rumen, IPAL, tempat penurunan sapi, mushola, serta mess dokter dan pos jaga. (Kominfo/ag,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox