Tanam Sayur di Pekarangan Rumah, Ekonomi Meningkat dan Gizi Terpenuhi

By Dinas Kominfo Kab. Kediri29 Des 2021, 19:50:03 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Tanam Sayur di Pekarangan Rumah, Ekonomi Meningkat dan Gizi Terpenuhi

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri, Eriani Annisa Hanindhito melaksanakan Panen Sayur dan penyerahan Hadiah Lomba Penilaian Reward P2L (Pekarangan Pangan Lestari) di Lapangan Desa Sumberbendo, Area Demplot KWT Melati, Rabu (29/12).
Ketua TP PKK Kabupaten Kediri, Eriani Annisa Hanindhito mengatakan, P2L merupakan kegiatan prioritas nasional dan juga daerah yang tujuannya adalah masyarakat beserta keluarga agar bisa memenuhi kebutuhan pangan terutama sayur mayur untuk menjadi kebutuhannya sehari-hari.

"Selain itu juga, harapannya bisa menjadi sarana untuk meningkatkan gizi dan perekonomian keluarga serta kegiatan sosial seperti jum'at berkah sayur mayur contohnya dapat memanen bersama setiap hari jum'at," terangnya.
drh. Tutik Purwaningsih, Kepala DKPP Kabupaten Kediri, mengatakan Salah satu upaya mengakselerasi program itu terutama peningkatan manfaat pekarangan, maka DKPP (Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan) bekerjasama dengan TP-PKK melaksanakan lomba penilaian P2L.

“Lomba ini sifatnya adalah sebagai stimulan. Harapannya kedepan setidaknya disetiap kecamatan memiliki spot-spot lokasi P2L. harapannya makin banyak desa yang memiliki P2L,” terang Tutik.

“Dalam program P2L, masyarakat tidak usah bingung bila nanti memasuki masa panen. Kami akan terus memfasilitasi proses hingga pemasaran bisa masuk swalayan ternama,” tambah Tutik.

Pada kegiatan tersebut, Mbak Eriani Hanindhito juga ikut memanen sayur mayur yang ada di demplot KWT Melati. Dengan penuh semangat beliau memanen satu persatu sayuran seperti kangkung, sawi, tomat dan lain - lain. 

Tidak berhenti sampai disitu saja, selesai acara mbak Eriani Annisa juga mengecek lokasi P2L yang menjadi juara yaitu di Desa Tertek Kecamatan Pare. Nampak kekaguman diwajah Eriani Annisa setelah melihat disepanjang jalan Desa Tertek berjajar rapi tanaman sayur mayur yang segar.

"Saya sangat terkesan, bisa kita lihat mulai dari masuk sampai sepanjang jalan penuh dengan tanaman sayur mayur. Harapannya semua desa bisa lestari seperti Desa Tertek ini, Alhamdulillah pemasarannya sudah sampai toko dan swalayan terkemuka di Kediri," jelas mbak Eriani Annisa Hanindhito.

Sebagai informasi, P2L tahun ini diikuti oleh 35 kelompok dari 26 Kecamatan dan pemenangnya adalah KWT Sinar Gemilang Tertek Pare, juara kedua kelompok Dasa Wisma Pakcoy Desa Dawung, Ringinrejo dan juara ketiga KWT Dewi Makmur, Desa Kanigoro, Kecamatan Kras. Para pemenang mendapat sertifikat dan hadiah uang pembinaan.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox