Sosialisasi dan Penyerahan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop untuk Pondok Pesantren Darut Taaibin

By Dinas Kominfo Kab. Kediri08 Des 2022, 17:30:05 WIB Industri dan Teknologi
Sosialisasi dan Penyerahan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop untuk Pondok Pesantren Darut Taaibin

Dalam rangka rencana strategis energi nasional pemerintah kabupaten kediri melalui bagian perekonomian mengadakan Sosialisasi dan Penyerahan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop untuk Pondok Pesantren Darut Taaibin kelurahan pare kecamatan pare (8/12).

PLTS merupakan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang mengubah energi surya atau sinar matahari menjadi energi listrik. Sistem pembangkit listrik ini menggunakan panel surya atau dikenal juga dengan panel solar menjadi sumber energi yang ramah lingkungan.

"Pemerintah kabupaten kediri memberikan bantuan PLTS yang mana harapanya ini merupakan energi baru yang terbarukan dan ini merupakan arahan dari Mas Bupati, yang nantinya harapanya dengan bantuan ini bisa menekan biaya operasional", pungkas Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Kediri Dyah Saktiana

Selain bisa bermanfaat bagi biaya operasional Pondok Pesantren Darut Taaibin diharapkan pula melalui pendidikan pondok pesantren bisa menghasilkan generasi bangsa yang menyebarkan toleransi.

"Dalam pembangunan Kabupaten Kediri kita tidak lepas dari pondok pesantren, karena banyaknya ponpes di Kabupaten Kediri sehingga bisa menjadi benteng toleransi agar bisa mencounter intoleransi yang sekarang lagi marak", ungkap dalam sambutan Kepala DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto.

Dodi Purwanto menambahkan atas arahan dari Mas Bupati untuk terus berkolaborasi dan berkomunikasi dengan pondok pesantren untuk kemajuan Kabupaten Kediri.

"Bantuan PLTS ini merupakan pilot project pertama di Kabupaten Kediri, besar harapan kami ada kelanjutan dan dari pondok pesantren bisa menghasilkan santri-santriwati yang bisa kita andalkan penerus bangsa dalam menyongsong indonesia emas pada tahun 2045", pungkas Dodi.

Terakhir dari perwakilan pengasuh pondok Pesantren Darut Taaibin Samsul Muin mengucapkan terima kasih kepada Mas Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana atas bantuan PLTS yang diberikan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten kediri kususnya Mas Bupati yang telah memberikan bantuan kepada pondok kami, dengan ini kami sangat terbantu", pungkas Samsul

"Mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, kami mendoakan semoga Kabupaten Kediri tambah jaya dan semakin maju dibawah kepemimpinan Mas Bupati", harap Samsul.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox