Situs Ndalem Pojok Gelar Upacara Sumpah Pemuda

By Dinas Kominfo Kab. Kediri28 Okt 2021, 15:00:58 WIB Pariwisata, Seni dan Budaya
Situs Ndalem Pojok Gelar Upacara Sumpah Pemuda

Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 93 yang dilaksanakan setiap tanggal 28 Oktober, Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno yang berada di desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, menggelar upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021).

Upacara peringatan Sumpah Pemuda di Situs Ndalem Pojok ini, dimulai Pukul 09.00 WIB sampai Pukul 10.00 WIB. Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan diikuti semua kalangan. Mulai dari tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, para komunitas, para pelajar dan juga warga sekitar situs Ndalem Pojok Persada Soekarno.

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda diawali dengan pengibaran bendera merah putih, kemudian dilanjutkan pembacaan Teks Pancasila, Pembukaan UUD 1945, dan selanjutnya juga dibacakan Ikrar sumpah pemuda.

Upacara diakhiri dengan pelepasan ratusan burung merpati, sebagai simbol semangat para pemuda dan juga berisi pesan perdamaian kepada Dunia.

"Jadi pelepasan burung merpati ini sebagai simbol semangat para pemuda Indonesia yang disebar ke seluruh penjuru Bangsa Indonesia, untuk semangat menghadapi pandemi saat ini," terang Kushartono, Ketua Harian Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno Kediri.

Diharapkan, dengan spirit dan makna dari sumpah pemuda, para Pemuda Indonesia mampu bersatu dan menjadi kesatuan utuh untuk mengedepankan, menggerakkan nusantara ini, menjadi suatu mercusuar dunia, sesuai dengan cita-cita founding father bangsa indonesia. Karena Bangsa Indonesia terdiri dari 17000 pulau, 1128 suku serta ada 786 bahasa, yang semuanya  sepakat menjadi satu Bangsa dan satu Bahasa, yakni "Indonesia".




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox