Semua Poktan di Kabupaten Kediri Ditargetkan Menerima Penyuluhan Pupuk Organik

By Dinas Kominfo Kab. Kediri28 Feb 2023, 18:31:08 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Semua Poktan di Kabupaten Kediri Ditargetkan Menerima Penyuluhan Pupuk Organik

Kediri -  Mensukseskan program Desa Inovasi Tani Organik (DITO) yang dicanangkan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) menargetkan pada 2023 semua kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Kediri mendapatkan penyuluhan pupuk organik.

Sejak dicanangkan program DITO pada 2021, pelatihan pembuatan pupuk organik terus dilakukan kepada petani. Hingga Bulan Februari 2023 ini tercatat pelatihan telah dilakukan kepada petani di 156 desa.

"Pada 2023 ini penyuluh pertanian memiliki program penyuluhan dan sosialisasi pupuk organik kepada semua Poktan di Kabupaten Kediri," kata Plt Kepala Dispertabun Kabupaten Kediri Anang Widodo melalui Kepala Bidang Pengelolaan Pangan Rini Pudyasturi, Selasa (28/2/2023).

Di Kabupaten Kediri terdapat sekitar 1600 Poktan. Adapun bagi Poktan yang telah mendapatkan penyuluhan dan pelatihan pembuatan pupuk organik dalam program itu menyediakan tiga petak lahan sebagai demplot. Rinciannya, satu petak penggunaan full pupuk kimia, satu petak full organik, satu petak menggunakan pupuk kimia maupun organik dengan perbandingan 50 persen.

Tujuannya supaya para petani lebih mudah membedakan hasil produksi antara penggunaan pupuk kimia dengan yang menggunakan organik. Mengingat kesuburan tanah pada penggunaan pupuk organik harus bertahap, pendampingan akan dilakukan sampai masa panen dan pada musim tanam berikutnya hingga petani benar-benar bisa melakukan aplikasi secara mandiri.

"Bagi petani yang tertarik menerapkan full organik, akan dilakukan pendampingan sampai mendapatkan sertifikasi organik," ungkapnya.

Petani yang menerapkan lahan full organik di Kabupaten Kediri menyebar di tiga kluster, yakni Kecamatan Purwoasri, Kepung dan Semen dengan luasan lahan 30 hektar. Dari tiga kluster itu, dicontohkan untuk komoditas padi di Purwoasri pemasarannya telah menembus swalayan di Kediri maupun pengiriman wilayah Jawa dan Bali.

Seiring peningkatan kesuburan tanah, jumlah produktivitas diakui mengalami peningkatan. Rini mencontohkan, pada tahun 2022 dalam satu bulan petani organik berhasil melakukan pemasaran 700 kg beras organik dan 2023 ini dalam dua bulan terakhir tiap bulannya berhasil melakukan pemasaran beras organik 1 ton tiap bulannya.

Petani yang telah menerapkan pertanian full organik di lahan seluas 30 hektar itu telah mengantongi sertifikat organik. Sedang, saat ini ada penambahan sekitar 5 hektar yang tengah dalan pencatatan untuk memperoleh sertifikat organik dengan pembiayaan pengurusan yang dibantu Pemerintah Kabupaten Kediri.

"Untuk mendapatkan sertifikat organik itu harus konsisten tidak menggunakan pupuk kimia maupun pestisida," terangnya.

Mas Dhito, sapaan akrab bupati Kediri sebelumnya menyebutkan dengan pertanian organik biaya produksi dapat ditekan karena petani tidak lagi ketergantungan dengan pupuk kimia. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari pertanian organik tidak bisa dilakukan seketika.

Petani harus bersabar untuk memperbaiki atau menetralisir tanah dari yang sebelumnya biasa menggunakan pupuk kimia. Pun begitu setelah berjalan dan menikmati hasilnya, diyakini akan banyak petani yang tertarik beralih ke tani organik.

"Jadi tani organik ini enggak bisa dari kimia langsung diganti ke organik ini perlu proses yang cukup panjang," tuturnya.

Mendukung produktivitas hasil pertanian itu, Kementerian Pertanian juga mengenalkan Biosaka, hasil inovasi petani dari bahan ekstrak tumbuhan. Biosaka ini merupakan elisitor yang dapat meningkatkan produktivitas tanaman. Dalam kunjungannya ke Kabupaten Kediri pada 9 Februari 2023 lalu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Mas Dhito menunjukkan cara pembuatan Biosaka.

Di Kabupaten Kediri petani yang telah melakukan demplot penggunaan Biosaka diantaranya berada di Kecamatan Purwoasri. Petani belajar menggunakan Biosaka untuk diterapkan menunjang pertanian organik yang telah dijalankan sejak 2021.

Jaenuri, seorang petani organik Kecamatan Purwoasri mengaku telah mencoba menggunakan Biosaka dan merasakan manfaatnya. Berdasarkan pengalamannya Biosaka tersebut mengurangi penggunaan pupuk organik padat (POP) maupun pupuk organik cair (POC).

"Saat ini banyak yang tertarik mencoba, karena hasil produksi juga bertambah," ucapnya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox