Satlantas Polres Kediri Menggelar Apel Operasi Zebra Semeru 2020

By Dinas Kominfo Kab. Kediri26 Okt 2020, 13:00:39 WIB Pemerintahan, Politik dan Keamanan
Satlantas Polres Kediri Menggelar Apel Operasi Zebra Semeru 2020

Anggota Satlantas Polres Kediri menggelar apel pasukan Operasi Zebra Semeru 2020. Apel pasukan dilaksanakan di halaman Mapolres Kediri. Gelar apel pasukan dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun fasilitas prasarana logistik yang dimiliki untuk menunjang kinerja aparat kepolisian nantinya di lapangan.

Diharapkan dengan adanya Operasi Zebra Semeru yang dimulai tanggal 26 Oktober sampai 14 hari ke depan,dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas serta menekan angka kecelakaan. Operasi zebra yang melibatkan 130 personel anggota Satlantas Polres Kediri ini menyasar pengendara sepeda motor dan pengemudi kendaraan yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Ada tujuh poin pelanggaran yang bakal ditindak, antara lain pengendara anak, melebihi batas kecepatan, pengaruh alkohol, penggunaan telepon genggam, tidak menggunakan helm standar, roda empat tidak memakai sabuk pengaman, serta melawan arus.

Kasat Lantas Polres Kediri AKP Bobby Muhammad Zulfikar mengatakan ada yang berbeda dalam Operasi Zebra 2020 ini. Pasalnya selain menyasar pelanggar lalu lintas, petugas juga memberikan himbauan dan teguran terhadap pelanggar penerapan Protokol Kesehatan, utamanya yang tidak memakai masker saat berkendara.

"Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi, maka selain upaya represif, petugas juga melakukan upaya preventif dan pre-emtif pembagian masker. Hal ini untukmengajak masyarakat untuk terus mematuhi Protokol Kesehatan melalui pemakaian masker dalam setiap aktifitas terutama saat berkendara, dan beraktifitas di luar, guna mencegah penyebaran Covid-19,"ucap AKP Bobby.

AKP Bobby menambahkan, operasi ini juga bertujuan untuk menciptakan suasana kondusif saat libur panjang serta untuk mengantisipasi adanya arus mudik dan arus balik. Sehingga harapannya tidak terjadi penumpukan, dan penyebaran Covid-19 dapat ditekan. Oleh karenanya pihaknya akan menempatkan personel di lokasi yang menjadi penghubung antar kota,seperti di pos simpang empat Mengkreng.

Penindakandilakukansatuan lalu lintas dengan skala prioritas, yakni pelanggar yang berpotensimengakibatkankecelakaan dan gangguan kelancaran arus. Melalui operasi Zebra inidiharapkanangka kecelakaan lalu lintas dapat menurun, begitu juga jumlah pelanggarnya.

Selesai pelaksanaan apel, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan sejumlah prasarana logistik yang kesehariannya selalu digunakan oleh anggota di lapangan. Pengecekan prasarana logistik yang dimaksud mencakup pemeriksaan kendaraan, kelengkapan peralatan anggota, sarana dan prasarana dan lain sebagainya.(Kominfo/ag,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus

Tinggalkan komentar Anda