Sate Lele, Menu Kuliner Yang Makin Digemari

By Dinas Kominfo Kab. Kediri19 Okt 2020, 17:30:19 WIB Pariwisata, Seni dan Budaya
Sate Lele, Menu Kuliner Yang Makin Digemari

Berawal dari minimnya variasi menu ikan lele, Maryani, seorang warga Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih berhasil menemukan inovasi olahan lele. Pria 54 tahun tersebut mempunyai prinsip, suksesnya usaha kuliner apabila makanan disukai oleh banyak orang.

Awalnya ia membuat sate lele saat Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) 17 Agustus tahun 2016 di kegiatan Karnaval Kuliner. Selang beberapa hari, percobaan dilanjutkan pada kegiatan Bazar PHBN yang diadakan oleh Pemerintah Desa TalesIa melihat masyarakat sangat antusias dengan sate lele buatannya.

“Kalau sate lele itu bukan pilihan, namun dari awal kita adalah pembudidaya ikan lele. Jadi taunya hanya seputar lele,” ungkap Maryani.

Ia mengatakan sudah lama menekuni usaha budidaya ikan lele. Mulai dari peternak dan supplier, hingga kini membuat makanan olahan sate lele. Harga sate ini juga cukup terjangkauSatu porsi sate lele tanpa nasi dijual seharga Rp 17 ribuApabila tambah nasi, cukup dengan harga Rp 20 ribu mampu mengenyangkan perut Anda.

Untuk hari-hari biasa Maryani melayani permintaan 20 hingga 30 porsi sate lele. Namun pada hari Sabtu Minggu dapat mencapai 100 hingga 200 porsi. Selain sate lele, Maryani juga menjual olahan lain berbahan dasar ikan lele seperti nugget, tahu bakso, sosis, otak-otak, sempol, dan risoles.

Olahan ikan lele ini dapat Anda temui di Desa Tales, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Berjarak 100 meter dari PTPN Ngadirejo ke utarahingga didapati papan nama Kampung Lele di timur jalan. Dikatakan kampung lele, karena banyak penduduk berbudidaya ikan lele.

Sekedar informasi, Kabupaten Kediri menjadi wilayah produksi ikan lele terbesar di Jawa Timur. Dinas Perikanan Kabupaten Kediri mencatat, produksi ikan lele mencapai 14.500 ton per tahun dengan pasar paling banyak ke luar daerah. Sehingga melimpahnya produksi ikan lele di Kabupaten Kediri menjadi daya tarik bagi para pembudidaya serta peluang usaha olahan makanan berbahan lele. (Kominfo/fd,tee,j,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus

Tinggalkan komentar Anda