Safari KB Gratis, Tekan Angka Kelahiran dan Turunkan Stunting

By Dinas Kominfo Kab. Kediri28 Feb 2023, 15:26:47 WIB Stunting
Safari KB Gratis, Tekan Angka Kelahiran dan Turunkan Stunting

Dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1219 tahun 2023, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Kediri menggelar safari KB gratis MOW ( Metode Operasi Wanita) bertempat di Rumah Sakit Aura Syifa Kecamatan Ngasem, (28/2/2023).

Para peserta program Keluarga Berencana (KB) atau  yang biasa disebut akseptor MOW, sangat antusias mengikuti kegiatan yang dimulai sejak pukul 05.00 WIB tersebut. Dengan didampingi sanak keluarga dan ada pula yang diantar dengan menggunakan mobil siaga desa, sejak pagi para akseptor sudah antri untuk menunggu giliran penanganan tiba.

Ditemui saat berada dilokasi kegiatan Kepala DP2KBP3A Kabupaten Kediri dr. Nurwulan Andadari mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1219 tahun 2023, DP2KBP3A mengadakan layanan steril bagi wanita secara gratis.

"Nantinya kegiatan ini akan kita laksanakan 2 kali. Hari ini dan pada tanggal 14 maret 2023 yang diikuti oleh 60 lebih peserta se-Kabupaten Kediri. Dan untuk hari ini terdaftar 32 peserta. Sasarannya adalah pasangan usia subur yang sudah yakin tidak ingin punya anak lagi, karena steril merupakan metode kontrasepsi yang sudah yakin tidak ingin hamil lagi," tambah dr.Andadari.

"Pelayanan yang kita laksanakan hari ini memang khusus steril, tetapi kita juga melaksanakan di Rumah Sakit Kabupaten Kediri (RSKK) ada pelayanan IUD selama 1 minggu untuk perempuan yang mempunyai riwayat operasi caesar. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan akses layanan yang mudah dan gratis dengan tetap mengedepankan kualitas yang terbaik," terangnya.

"Yang pasti kegiatan safari KB ini merupakan salah satu upaya kita terutama untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan karena bisa menjadi masalah di kemudian hari. Selain itu, kegiatan ini juga sebagi upaya untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten kediri," pungkas dr. Anda.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox