Ruwat Negari Bhumi Panji di Hari Jadi Kab. Kediri

By Dinas Kominfo Kab. Kediri25 Mar 2021, 17:00:12 WIB Pariwisata, Seni dan Budaya
Ruwat Negari Bhumi Panji di Hari Jadi Kab. Kediri

Usai melaksanakan upacara di halaman belakang Kantor Pemkab KediriMas Bup Haninditho Himawan Pramana bersama Mbak Wabup Dewi Mariya Ulfa langsung menuju pendapa Kabupaten Kediri. Begitu juga seluruh jajaran Forkopimdamenuju Pendapa untuk mengikuti prosesi peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1217 tahun 2021, sekaligus penetapan nama Pendapa Kabupaten Kediri.

Panjalu Jayati adalah nama Pendapa Kabupaten Kediri yang ditetapkan langsung oleh Mas Bup Dhito, ditandai dengan penandatanganan prasasti di Pendapa Panjalu Jayati, Kamis (25/3).

Sesuai prasasti Harinjingtertanggal 25 Maret Tahun 804M, Sri Maharaja Rake Layang Dyah Tulodong menganugerahkan tanah kepada Bagawanta Bhari. Inilah yang selanjutnya dikenal sebagai Hari Jadi Kabupaten Kediri.

Dalam rangkaian prosesi ini digelar ‘Ruwat Negari Bhumi Panji, yang bertujuan untuk memohon agar seluruh masyarakat Kabupaten Kediri  diberikan kesehatan, dijauhkan dari segala mara bahaya, diberikan kesejahteraan dan kebahagiaan.

Tak ketinggalan pagelaran wayang krucil oleh Dalang Ki Brodiyanto, sebagai upaya melestarikan budaya dan memunculkan wayang krucil khas Kabupaten Kediri. Di akhir pertunjukan, Ki Brodiyanto menyerahkan wayang Joko Sedono dan Dewi Sri kepada Bupati Kediri, sebagai perlambang ketentraman dan kedamaian.

Melalui peringatan Hari Jadi ke-1217 ini, mari kita teguhkan komitmen, bersatu padu memberikan karya dan prestasi terbaik bagi Kabupaten Kediri,” pungkas Mas Bup Dhito. (Kominfo/lks,tim,tee,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox