Peringati Hari Ikan Nasional Dengan Makan Tumpeng Ikan dan Pelatihan Olahan Ikan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri21 Nov 2020, 14:00:55 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Peringati Hari Ikan Nasional Dengan Makan Tumpeng Ikan dan Pelatihan Olahan Ikan

Kebutuhan akan gizi sangat diperlukan di masa pandemi seperti saat ini. Oleh karenanya guna meningkatkan asupan gizi masyarakat, kelompok pengolah dan pemasar (Poklahsar) produk perikanan Sekar Arum binaan Dinas Perikanan Kabupaten Kediri menggelar pelatihan pembuatan kreasi olahan ikan.

Sebelum pemberian materi pelatihan, para peserta bersama - sama makan tumpeng dengan lauk berbahan ikan guna memperingati Hari Ikan Nasional ke-7 tahun 2020. Kegiatan inibertujuan untuk mengkampanyekan Gemarikan atau gemar makan ikan, sehingga masyarakat lebih menyukai olahan berbahan baku ikan.Ikan kaya akan gizi, sehinggadengan mengkonsuminyadapat meningkatkan imunitas di masa pandemi ini.

Budiono Langgeng, Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Kediri mengatakan, di masa pandemi ini gizi sangat diperlukan untuk meningkatkan imun, dan kebutuhan tersebut dapat dicukupi dengan mengkonsumsi ikan.

"Ikan memiliki kandungan protein, gizi dan omega 3 yang tinggi, sehingga selain dapat mencegah Covid juga dapat mencegah stunting," katanya.

Dengan adanya pelatihan kreasi olahan ikan ini, diharapkan masyarakat dapat membuat beragam makanan berbahan baku ikan, sehingga dapat menghilangkan kejenuhan akan konsumsi ikan yang itu - itu saja. Selain itu juga untuk peningkatan pola makan ikan, penanganan stunting, hingga diharapkan dapat menambah penghasilan melalui menu-menu olahan ikan yang telah dipelajari.

Sementara itu dari sisi ekonomi, peluang usaha pengolahan ikan memiliki prospek cerah danprofityang cukup besar. Apabila usaha ini dikelola dengan baik dan benar pasti akan mendatangkan keuntungan yang sangat menjanjikan.(Kominfo/ag,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox