Peringati Bulan Bung Karno Usung Tema Budaya Pemersatu Bangsa

By Dinas Kominfo Kab. Kediri26 Jun 2022, 00:00:44 WIB Pariwisata, Seni dan Budaya
Peringati Bulan Bung Karno Usung Tema Budaya Pemersatu Bangsa

Bulan Juni merupakan bulan yang penuh dengan sejarah, dimana telah lahir sang proklamator sekaligus Presiden Pertama Bangsa Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Tepat tanggal 26 Juni 2022 Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar seni budaya daerah Kabupaten Kediri pada Bulan Bung Karno.

Dengan mengusung tema "Budaya Pemersatu Bangsa" yang mengisahkan kehidupan Bung Karno ketika didalam Ndalem Pojok Wates. Kegiatan yang cukup meriah dan didukung cuaca cerah tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. Kediri Dody Purwanto, Sekretaris Daerah Dede Sujana dan Kepala Dinas terkait.

Kondisi pandemi covid 19 yang sudah mereda, pagelaran kali ini juga disaksikan oleh ribuan penonton yang memadati kawasan wisata Simpang Lima Gumul maupun secara online pada chanel youtube dhitopramono dan pemkab Kediri. Nampak antusias masyarakat yang sangat luar biasa, sejak pagi hingga malam hari terbius oleh penampilan para pelaku seni dari Kabupaten Kediri.

Mulai dari kesenian kuda lumping, Dj keroncong, tari tarian tradisional, flying star dance dan masih banyak lagi. Tak mau kalah dengan penampilan kesenian tradisional, Kampung Pelukis Ruslan unjuk gigi dengan goresan tinta diatas kanvas membuat ribuan pasang mata tertuju padanya.

Dengan tangan terampil terciptalah sebuah karya seni lukis yang tak ternilai harganya. Foto Bung Karno dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dibuat sangat mirip aslinya.

Bupati Kediri Melalui Sekretaris Daerah Dede Sujana mengatakan pagelaran seni budaya ini merupakan titik awal kebangkitan seni budaya kita sejak pandemi mewabah. Disamping itu juga merupakan salah satu langkah demi mendorong perputaran ekonomi di Kabupaten Kediri.

Mari kita Memayu hayuning Bawono Widodo Nir Ing Sambikolo yang berarti memperindah dan mempercantik dunia agar selamat jauh dari kesulitan, musibah serta mara bahaya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Adi Suwignyo ditemui usai acara mengatakan bahwa yang paling penting dari kegiatan ini adalah masyarakat jangan sampai lupa akan sejarah para pahlawan kita sebagai pendiri bangsa ini.

Untuk saat ini terangnya, "kita harus bangkit setelah terpuruk oleh pandemi covid 19, ekonomi harus berputar, kegiatan seni budaya kembali berjalan".




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox