Pemkab Kediri Terima 4.640 Dosis Vaksin

By Dinas Kominfo Kab. Kediri26 Jan 2021, 17:00:43 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Pemkab Kediri Terima 4.640 Dosis Vaksin

Sebanyak 4.640 dosis vaksin sinovac telah berada di Kabupaten Kediri. Distribusi vaksin ini merupakan tahap 1 yang akan diprioritaskan untuk vaksinasi kepada tenaga kesehatan.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Bambang Triyono, menjelaskanvaksin tersebut diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri pada selasa malam, 25 Januari pukul 21.00 WIB. Saat ini seluruh vaksin disimpan di gudang farmasi Kabupaten Kediri yang berada Puskesmas Kecamatan Semen.

“Pemetaan sasaran distribusi vaksin telah dilakukan Dinas Kesehatan dan siap didistribusikan ke 68 faskes di Kabupaten Kediri yang terdiri 37 puskesmas, 11 RS dan 20 klinik pada Rabu 27 Januari,” jelas Bambang Kepada Kominfo (26/1).

Bambang selanjutnya menambahkan vaksinasi pertama akan dilakukan pada Kamis 28 Januari 2019. Rencananya pencanangan vaksinasi akan dilakukan dengan penyuntikan vaksin kepada 10 pejabat Pemda dan Forkopimda Kabupaten Kediri di RS SLG.

“Vaksinasi tahap 1 ini akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan. Hal ini karena mereka merupakan paling beresiko terhadap penularan virus Covid-19. Pencanganan vaksinasi pertama ke Pejabat Pemkab guna meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa vaksin ini aman,” tambah Bambang.

Dijelaskan pula oleh Bambang, sebanyak 5 vaksinator di tiap puskesmas telah disiapkan dan mendapat pelatihan sebelumnya. Kemudian telah dibentuk pula kelompok kerja kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) guna menindaklanjuti bagi mereka yang merasakan efek samping usai vaksinasi.

“Pokja KIPI ini terdiri dari dokter syaraf, dokter penyakit dalam dan dokter anak. Sehingga bila memang terdapat efek usai vaksinasi bisa didampingi dan ditangani dengan cepat,” pungkas Bambang.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox