Pemkab Kediri Berikan Bantuan 80.000 Ekor Benih Ikan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri28 Apr 2020, 10:55:39 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Pemkab Kediri Berikan Bantuan 80.000 Ekor Benih Ikan

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan puluhan ribu ekor benih ikan ke Sumber Kembangan Desa Paron, (28/4/20). Langkah ini dilakukan agar masyarakat sekitar dapat memperoleh asupan gizi dari ikan, serta sebagai salah satu cara mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan.

Sebanyak 80 ribu benih ikan ini terdiri dari ikan tombro 40 ribu ekor serta benih ikan tawes sebanyak 40 ribu ekor. Bantuan ini disalurkan melalui koperasi unit desa yang selanjutnya akan dibudidayakan di Sumber Kembangan.

Menurut Santoso, Kabid Perikanan dan Budidaya Ikan Dinas Perikanan, dipilihnya tawes dan tombro lantaran kedua jenis ikan tersebut mempunyai karakter bisa hidup tanpa harus mengandalkan pemberian pakan dan bisa mencari sendiri dari ekosistem setempat.

“Pemberian benih ikan ini sebagai bentuk pembinaan Pemerintah Kabupaten Kediri kepada kelompok masyarakat Desa Paron, agar kelak sekitar 1 tahun mendatang, masyarakat bisa menikmati hasil dari ikan ini,” katanya.

“Selain itu juga menjadi dorongan bagi masyarakat untuk gemar makan ikan. Dengan adanya kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai gizi yang terkandung di dalam ikan, mereka pun bisa membantu menjaga dan mengawasi keberadaan ikan serta ekosistem yang ada di Sumber Kembangan,” lanjut Santoso.

Ditambahkannya, pemberian bantuan benih ikan seperti ini akan terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri di beberapa lokasi, utamanya di lokasi sumber mata air. Agar masyarakat sekitar bisa mendapatkan hasil dan manfaat pasca panen. (Kominfo/fd,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox