Pemdes Pelem Lantik Pengurus LPMD Periode 2020-2025

By Dinas Kominfo Kab. Kediri09 Sep 2020, 00:00:38 WIB Warta Desa dan Citizen Journalism
Pemdes Pelem Lantik Pengurus LPMD Periode 2020-2025

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) sejatinya merupakan sebuah lembaga, organisasi atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra pemerintah desa dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan, yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat dalam menjalankan program pembangunan secara partisipatif.

Dalam pengimplementasian partisipasi masyarakat dimaksud, dikembangkan melalui LPMD yang mencakup aktivitas dalam merencanakan dan mengawasi pelaksanaan pembangunan di tingkat desa. Setelah sebelumnya melalui proses pemilihan sebagai sebuah pembaharuan dalam berdemokrasi, pada Rabu (9/9/2020), bertempat di Aula Balai Desa Pelem, Kecamatan Pare, telah diadakan pelantikan 11 orang pengurus dan Ketua LPM yang baru, untuk periode 2020-2025.

Pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Camat Pare, Anik Wuryani, Kades Pelem Ali Sukron serta Ketua LPMD masa bakti 2015-2020, Bhabinkamtibmas serta Babinsa.

Camat Pare, Anik Wuryani dalam sambutannya menyampaikan bahwa LPMD menjadi salah satu faktor penentu kemajuan pemerintah melalui desa masing-masing. Pasalnya LPMD dapat memberikan masukan musyawarah pembangunan yang berpotensi untuk pembangunan di daerahnya.

“Usai dilantik, nantinya diharapkan pihak desa untuk mengadakan peningkatan kapasitas SDM untuk pengurus LPMD yang baru, sehingga dapat mengalokasikan kegiatan untuk program proyek fisik di desa,” ucap Anik.

lpmd 2

Semoga dengan dibentuknya pengurus LPMD yang baru bisa lebih memberdayakan masyarakat, bisa menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, dan mengembangkan desa agar lebih baik lagi. 

Untuk diketahui, struktur kepengurusan LPMD Periode 2020-2025 adalah :

Ketua : Suyono

Wakil Ketua : Sujarwo

Sekretaris : Arif Suyanto

Bendahara : Nahrowi

Seksi Agama : Mochammad imron

Seksi Humas : Didik Wahyu Hartanto

Seksi Pendidikan dan Penerangan : Andrianto

Seksi Keamanan, Ketentraman dan Ketertiban : Suyono

Seksi Pembangunan, Perekonomian dan Lingkungan Hidup : Heru Joko Puspito

Seksi Kesehatan, Kependudukan dan Keluarga : Asnaini Sulastri

Seksi Kepemudaan dan Olahraga : Agus Prianto

(Kominfo/ag,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus

Tinggalkan komentar Anda