Pemanfaatan Data Kependudukan Dalam Layanan Kepegawaian

By Dinas Kominfo Kab. Kediri15 Des 2020, 18:00:57 WIB Pemerintahan, Politik dan Keamanan
Pemanfaatan Data Kependudukan Dalam Layanan Kepegawaian

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menggelar acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasana dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) tentang pemanfaatan data kependudukan dalam layanan kepegawaian di Kantor BKD Kabupaten Kediri, Selasa (15/12).

Kepala BKD Kabupaten Kediri, Dr. Muhammad Solikin, mengatakan BKD sangat terbantu dengan Dinas Dukcapil saat tes seleksi CPNS tahun ini, dimana bisa mencegah adanya kecurangan seperti joki ataupun data ganda dari peserta CPNS.

“Ide ini muncul saat tes seleksi CPNS tahun ini. Kami sangat terbantu dengan dukungan dari Dinas Dukcapil dan ini menjadi yang pertama di regional Jawa Timur,” jelas Solikin.

“Semoga ini bisa menjadi model yang digunakan di wilayah lain. Agar kita semua mendapat aparatur sipil negara yang berkualitas dan berhasil melaksanakan tes seleksi CPNS yang transparan dan persaingan yang adil,” tambahnya.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kediri, Wirawan, menyampaikan data kependudukan memang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan administrasi kepegawaian pemerintahan. Bahkan data kependudukan saat ini aktif digunakan dalam dunia perbankan, kepolisian, tenaga kerja hingga terkait kesehatan serta sosial misal dalam penanganan Covid-19.

“Biasanya data kependudukan digunakan oleh Dinas Sosial dalam validasi penerima bantuan di masa pandemi. Dengan semakin banyak kerjasama pemanfaatan data kependudukan, semoga bisa memperlancar pelayanan publik dan akses kepegawaian,” terang Wirawan. (Kominfo/yda,lks,tee,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus

Tinggalkan komentar Anda