Panen Raya Padi dengan Penerapan Paket Biotani

By Dinas Kominfo Kab. Kediri15 Mar 2021, 14:20:10 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Panen Raya Padi dengan Penerapan Paket Biotani

Pemerintah Kecamatan Purwoasri bersama dengan Forkopimca Purwoasri melakukan panen raya tanaman padi dengan penerapan paket teknologi biotani di Dusun Pujomerto, Desa Ketawang Kecamatan Purwoasri, (15/3).

Plt. Camat Purwoasri, Mudatsir, S.H mengatakan, berkat karunia Allah SWT, padi yang ditanam secara organik dapat menghasilkan panen yang lumayan. Ia beharap kehadiran metode organik ini membawa manfaat untuk kita semua.

“Ini merupakan embrio dari Desa Ketawang, semoga nanti bisa berkembang di kelompok-kelompok tani yang ada. Mari kita tingkatkan hasil panen dengan maksimal dan didukung dengan kecanggihan teknologi biotani, karena itu nantinya akan membawa kita jauh dari kimia sehingga kandungan kimia yang ada di tubuh sedikit-sedikit berkurang,” katanya.

Herlina selaku Direktur Distributor Jatim PT Tunas Harmoni Abadi mengatakan, penggunaan teknologi biotani membawa peningkatan produksi hasil pertanian. Panen padi hitam menghasilkan 7,8 ton perhektar, padi  merah 7,36 ton perhektar dan padi putih 8,96 ton perhektar. Dari hasil tersebut, untuk padi hitam dan padi merah meningkat 20-30%,sedangkan untuk padi putih meningkat 35-45%.

“Dengan teknologi biotani, hasil pertanian meningkat, biayanya murah, ramah lingkungan dan mudah digunakan. Sehingga hal ini juga mendukung pertanian organik yang gencar dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kediri. Khususnya petani di kecamatan Purwoasri akan menjadi tolak ukur, marcusuar petani organik mewakili Kabupaten Kediri untuk seluruh Indonesia,” jelas Herlina.(Kominfo/dn,lks,tee,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus

Tinggalkan komentar Anda