Membidik Industrialisasi Ikan Koi Lewat Kontes 5 th Lokal Kediri Koi Show

By Dinas Kominfo Kab. Kediri21 Mei 2023, 19:23:33 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Membidik Industrialisasi Ikan Koi Lewat Kontes 5 th Lokal Kediri Koi Show

Pemkab Kediri melalui Dinas Perikanan bersama Kediri KOI klub menggelar 5 th Lokal Kediri Koi Show Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Depo Ikan Hias, Desa Pranggang, Kecamatan Plosokaten, Minggu (21/5).  

Dalam kontes show tahun ini jumlah ikan terdaftar sebanyak 309 ekor yang dilombakan dalam 5 kelas. Dimana seluruh peserta adalah warga Kediri.

Kepala Dinas Perikanan, Nurhafid menyampaikan tujuan kontes ini setiap tahun breeder atau pembudidaya bisa meningkatkan kualitas koinya sehingga nilai ekonomisnya juga naik.

"Dari pemerintah Kabupaten Kediri berharap kontes lokal seperti ini diagandekan setiap tahun karena kami berharap Kabupaten Kediri menjadi industri Koi," ucap Nurhafid.

"Begitu besar potensi ikan koi kita. Dimana produksinya di Kabupaten Kediri sudah mencapai 540 juta ekor / tahun nilai ekonomisnya sudah mencapai 600 milyar terutama di Desa Pranggang ini, Untuk pemasaranya sendiri paling besar adalah diluar Pulau Jawa seperti di Kalimantan, Palembang serta Riau," jelas Nurhafid.

Nurhafid menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kediri selalu mendukung para breeder. "Jadi mas bup selalu memotivasi dan memfasilitasi untuk pembudidaya ikan baik ikan koi dan ikan hias lainya," tambahnya.

Juara umum pada kontes kali ini diraih oleh Planet Koi Farm dari Desa Kandat Kecamatan Kandat. Ditemui disela acara Muji Waluyo dari Planet Koi Farm mengatakan persiapanya kurang lebih 2 bulan untuk mengikuti kontes kali ini.

"ada 35 ikan yang dibawa yang mendapat  grand champion 1 ekor, dan junior champion 1 ekor, serta best 6 ekor," jelas muji

Kriteria ikan koi yang bagus yaitu warna lebih cerah, kalau warna merah, hitam atau putih itu yang pekat.

"Saya berpesan yang rajin merawat koi, memiliki indukan yang bagus dan berkualitas sehingga bisa menghasilkan koi yang berkualitas juga," pesanya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox