Mas Dhito Berharap Tak ada Lagi Warga Terpapar Covid-19

By Dinas Kominfo Kab. Kediri20 Jan 2023, 14:22:19 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Mas Dhito Berharap Tak ada Lagi Warga Terpapar Covid-19

Meski pemerintah telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terkait pandemi Covid-19, pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Kediri masih berjalan.

Sebagaimana terlihat dalam kegiatan akselerasi vaksinasi dosis ketiga yang digelar di Lapangan indoor Polres Kediri, Kecamatan Pare, Jumat (20/1/2023) pagi. 

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang menghadiri kegiatan vaksinasi itu menyampaikan, dari pengamatan yang dilakukan pada saat awal muncul, Covid-19 terlihat mematikan. Bahkan, saat gelombang kedua, banyak warga yang terpapar meninggal. 

"Berat banget bagi kami, karena kami merasa punya tanggung jawab. Harapannya dengan adanya vaksinasi ketiga ini tidak ada lagi yang terpapar Covid-19," kata Mas Dhito.

Dihadapan warga, orang nomor satu di Kabupaten Kediri itu tak memungkiri karena aktivitas yang cukup tinggi dia sendiri pernah terpapar covid-19. Dari pengalaman yang dialami, dia pun menyampaikan pentingnya vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"Karena bentengnya itu vaksin," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, data Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri hingga 19 Januari 2022 total kasus Covid-19 sebanyak 22.592 kasus, jumlah kasus sembuh 21.297 (94,26%), jumlah yang meninggal 1.294 (5,73%). 

Kemudian, capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama 80,36%, dosis kedua 69,06%, dosis ketiga 29,72%, dan dosis keempat 3.23%. Vaksinasi lansia dosis pertama 73,84%, dosis kedua 56,59%, dosis ketiga 23,90%, dan dosis keempat 0.84%.

Sementara itu, Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho menerangkan, kegiatan akselerasi vaksinasi dosis ketiga itu dilakukan serentak di Jawa Timur bekerjasama dengan pemerintah daerah. 

Selama pandemi dan banyak warga yang terpapar Covid-19, kurang lebih dua tahun diakui banyak kegiatan terutama yang menimbulkan keramaian tidak diperbolehkan digelar.

Seiring kondisi yang membaik, dan pemerintah melakukan pencabutan PPKM, kegiatan-kegiatan yang dulunya dilarang karena adanya pembatasan kini telah diperbolehkan diadakan. 

"Saat ini kegiatan sudah diperbolehkan, tapi Covid-19 masih ada di sekitar kita,"  urainya.

Untuk itu, kegiatan vaksinasi tetap harus digalakkan. Dalam pelaksanaan vaksinasi itu, kepolisian bekerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Kediri untuk penyediaan vaksin.

Kegiatan vaksinasi dosis ketiga itu diadakan berbarengan kegiatan Jumat Curhat yang digelar Polres Kediri. Melalui kegiatan akselerasi vaksinasi tersebut, diharapkan masyarakat bisa menjalankan kegiatan seperti biasa namun tetap sehat.

"Selain vaksinasi yang tetap harus digalakkan, untuk mencegah (terpapar Covid-19) protokol kesehatan kami harap bisa dijalankan supaya tetap sehat dan bisa melakukan kegiatan seperti biasa," pesannya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox